Serpihan MH370 Ditemukan di Samudera Hindia


Kamis, 30 Juli 2015 - 19:32:01 WIB

Xavier Tytelman, bekas pilot pesawat militer Prancis yang kini menjadi pakar keamanan penerbangan pa­da Rabu pagi kemarin (29/7), dikontak seorang warga Pulau Reunion di Samudra Hindia. Warga tersebut me­ngirim sejumlah foto yang menunjukkan serpihan bang­­kai pesawat. Tyrelman bilang, sepihan bangkai pe­sa­wat itu bisa jadi milik MH370.

“Saya mempelajari ra­tusan lembar foto dan bicara dengan banyak kolega,” tutur Tyrelman kepada ko­ran Inggris The Telegraph.

“Dan kita pikir serpihan sayap itu milik Boeing 7777 sama dengan jenis pesawat Malaysia Airlines MH370,” tambah Tyrelman.

Polisi di Pulau Reunion memeriksa serpihan sayap itu dan menduga sayap pe­sawat tersebut selama se­tahun terendam di air dan cocok dengan MH370 yang raib setahun lalu. Kita tidak dapat memastikan sekarang, tapi ada kans bahwa itulah sayap MH370.”

Sepekulasi raibnya MH370 membuat pe­nyele­dikan yang dipimpin Aus­tralia yang melibatkan AS, Ma­laysia dan China penasaran ka­rena belum sepotong serpihan pesawat MH370 pun ditemukan di Samudra Hindia selatan Aus­tralia.

Maka berkembanglah teori liar bahwa MH370 mendarat di Diego Garcia (pangkalan militer AS di Samudra Hindia) atau terbang dari Malaysia ke Korea Utara. Kini polisi Prancis ingin terjun menyelidiki temuan ser­pihan sayap dan Australia juga tertarik.

“Kita belum tahu berapa lama bisa diperoleh konformasi atau sangkalan bahwa serpihan sayap itu milik MH370,” ujar Tytelman.

Tytelman yakin bahwa lakosi raibnya MH370 di Samudra Hin­dia, masuk akal. Berkembanglah diskusi mengenai kode onderdil pesawat : BB670 . Apakah itu plat nomor pesawat atau nomor seri mesin pesawat.Tapi teka-teki ini akan terjawab secara definitif dalam beberapa hari ,” tambah Tytel­man.

Sementara itu, cnn mela­porkan, Pemerintah Malaysia mengumumkan bahwa pihaknya telah mengirim tim ahli ke pulau itu untuk menganalisis obyek tersebut. “Puing apa pun yang ditemukan itu, butuh diverifikasi lebih lanjut sebelum kami bisa lebih memastikan apakah itu milik MH370,” kata Menteri Transportasi Malaysia, Liow Tiong Lai, kepada wartawan di New York. “Jadi kami telah me­ngirimkan tim untuk menyelidiki soal itu dan kami berharap bahwa kami dapat mengidentifikasi hal itu secepat mungkin,” tam­bahnya.

Para peneliti Australia juga dikabarkan sedang bekerja sama dengan pabrikan Boeing untuk mengidentifikasi apakah puing itu berasal dari MH370. “Kami telah menerima beberapa foto benda itu dan kami memberikan foto-foto itu untuk dinilai pro­dusen terkait apakah benda itu,” kata Joe Hattley, juru bicara Biro Keselamatan Transportasi Aus­tralia, seperti dikutip kantor berita AAP.

Bagian yang ditemukan “ter­lihat dalam kondisi yang cukup baik”, tambahnya dalam ko­mentar kepada stasiun News24 TV milik ABC. (h/inl)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]