Pencernaan Sehat, Daya Tahan Tubuh Kuat


Jumat, 31 Juli 2015 - 17:19:29 WIB
Pencernaan Sehat, Daya Tahan Tubuh Kuat

“Sebenarnya tidak hanya saluran cerna yang memiliki jaringan mukosa, alat-alat pernapasan, kelamin, dan organ lain memiliki jaringan mukosa. Namun paling ba­nyak di saluran cerna,” tutur­nya di Jakarta.

Baca Juga : Banyak Remaja Akses Situs Porno, Efeknya Ternyata Merugikan pada Otak

Selain itu, faktor yang menentukan kesehatan sa­luran cerna adalah keber­adaan bakteri baik yang tumbuh di dalamnya, atau yang disebut juga dengan mikroflora normal. “Mik­roflora usus yang seimbang berperan membentuk sa­luran cerna yang sehat,” imbuhnya.

Di saluran cerna, terda­pat sekitar 100 triliun mik­roflora dari sekitar 500 jenis. Mikroflora ini dapat ber­peran selama proses digesti dan absorpsi zat-zat ma­kanan dalam sistem pen­cernaan. Maka dengan jum­lah dan fungsi yang penting dari mikroflora normal ini, wajar saja untuk menja­dikannya prioritas ketika menjaga kesehatan saluran cerna.

Baca Juga : Percepat Kesembuhan Pasien, Posko BLC Salurkan Bantuan 15 Kg Madu ke RSKI Galang

Menjaga jumlah mik­roflora baik di saluran cerna salah satunya adalah dengan mengonsumsi probiotik. Menurut pakar di bidang gizi klinik dr.Saptawati Bar­dosono, konsumsi probiotik dapat membantu menyeim­bangkan flora usus dengan cara meningkatkan per­tum­buhan bakteri “baik” dan menurunkan jumlah bakteri “buruk”.

Efek probiotik bergan­tung dari strain-nya. Salah satu strain atau jenis pro­biotik adalah Lactobacillus reuteri. Strain ini meru­pakan pro­biotik yang secara alamiah ditemukan di salu­ran cerna.

“Pada awalnya, manusia mendapatkan bak­teri ini dari ASI, sehingga ASI me­rupakan makanan terbaik yang dapat diberikan pada bayi,” ungkapnya. (h/kcm)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]