Kunjungan Wisata Waterboom dan Taman Satwa Kandi Turun


Jumat, 31 Juli 2015 - 20:03:33 WIB
Kunjungan Wisata Waterboom dan Taman Satwa Kandi Turun

Genaral manager Wa­ter­boom Zulhanis, kepada Ha­luan menye­butkan, penuru­nan angka kunjungan ke wa­ter­boom tahun ini di­se­bab­kan melemahnya eko­nomi masyarakat seiring me­nurun­nya pendapatan msyarakat secara menye­luruh di Su­ma­tera Barat, ditambah lagi libur lebaran kali ini ber­samaan dengan masuknya tahun ajaran baru sekolah.

Baca Juga : Prediksi Cuaca di Sumbar Saat Idul Fitri dari BMKG

“Selama ini pengunjung kebanyakan berasal dari beberapa daerah di kawasan Sumbar,dan indikator pe­nurunan itu tidak saja ber­laku di Sawahlunto akan tetapi juga dibeberapa tem­pat wisata lain di Sumbar,” sebutnya.

Penurunan kunjungan wisata juga terjadi di taman Satwa Kandi, sepekan libur idul fitri wisatawan yang datang berjumlah 42 ribu orang, dimana tahun 2014 lalu sepekan libur lebaran Kawasan Wisata Kandi ma­m­pu menyedot wisatawan sebanyak 55 ribu orang.

Baca Juga : Mudik Lebaran, Angkutan Umum di Sumbar Periksa Kelaikan

General Manager taman satwa Kandi Zainal Zamsah mengatakan terjadi pe­nu­runan yang cukup signifikan dibanding tahun lalu, dan ini akan menjadi catatan bagi pihaknya dalam melakukan pembenahan agar bisa me­ngem­balikan tingkat kun­jungan paling tidak sama dengan tahun lalu.

Menurut Zainal, lebaran yang bertepatan dengan ta­hun ajaran baru sekolah cukup berdampak pada pen­dapatan ekonomi ma­sya­rakat secara menyeluruh, karena pengeluaran yang cukup banyak masyarakat lebih mengutamakan untuk membeli perlengkapan se­ko­lah dibanding untuk mela­kukan rekreasi.

“Namun kita masih ber­syukur karena taman satwa kandi masih menjadi tempat wisata favorit masyarakat dikawasan Sumbar ter­ma­suk daerah lain di luar Sum­bar,” ungkapnya.

Akan tetapi, wahana wi­sata yang tergabung dalam managemen Pt Wahana Wi­sata Sawahlunto (WWS) akan tetap berupaya me­ning­katkan kualitas pelayanan dengan memberikan layanan prima dengan meningkatkan koleksi wahana permainan serta me­l­eng­kapi sarana dan prasarana lainnya, sehingga bisa me­man­jakan wisatawan yang da­tang berkunjung. (h/mg-rki)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]