Angkot dan Pos Polisi Dapat Poin Buruk


Jumat, 31 Juli 2015 - 20:10:44 WIB

Ada beberapa catatan, kata Felix Iryantomo, dalam pantauannya di Kota Padang yang pertama kondisi angkot di Kota Padang belum ma­suk kategori yang memadai. Masih ada angkot yang be­lum mencantumkan nama trayek, memiliki sound sys­tem yang besar.

“Malah ada kondisi ang­kot yang sangat mem­pri­hatinkan badannya, tidak mencantumkan nama tra­yek, perusahaan, serta ter­ke­san acuh,” ucap Felix.

Dikatakannya, hal kru­sial di angkot Kota Padang yang menjadi catatan tim penilai tidak ada angkot yang me­masang tarif. Hal ini me­n­ye­babkan, penumpang mu­dah sekali ditipu sopir ter­kait dengan tarif angkot yang tidak memiliki standarisasi yang jelas. Tidak itu saja, me­nu­nggu angkot di Kota Padang penumpang kadang harus menunggu satu jam sampai angkot penuh. “Selain itu, jadi catatan juga bagi kami pos polisi di Kota Padang umum­nya di bangun di atas trotoar. Ini menghalangi atau me­ram­pas hak pejalan kaki,” jelasnya.

Selanjutnya, rambu-ram­bu lalu lintas di Kota Padang ditutupi papan reklame, sehingga tidak bisa di lihat oleh pengendara atau pe­numpang. Namun ada nilai plus di angkutan, yaitu pe­ngo­perasian Bus Trans Trans Padang sudah bagus.

“Hanya perlu diperbaiki di tiket, yang masih manual harus dipindahkan ke E-tiketing. Marka di jalan uta­ma, seperti Khatib Su­lai­man juga sudah bagus,” terangnya.

Sementara Sekretaris Daerah Kota Padang, Nasir Ahmad mengatakan, lay­a­nan transportasi di Kota Padang sudah mulai mem­baik. Di akui memang masih banyak persoalan yang di­hadapi oleh transportasi di Kota Padang.

“Pertumbuhan jalan ti­dak sebanding dengan per­tum­buhan kendaraan di Kota Padang dan pada ujung­nya membuat kemacetan,” ucap­nya. Walaupun banyak ca­tatan dari tim penilaian Ke­men­terian Perhubungan, pemko optimis bisa meraih piala WTN. “Dari apa yang kita lakukan dalam pem­benahan di Kota Padang, kita yakin WTN bisa kita raih kembali untuk tahun ini,” harapnya.

Kepala Dinas Per­hu­bu­ng­an Komunikasi dan Infor­masi (Dishub Ko­mi­nf) Kota Pa­dang, Rudy Rinaldy me­n­ye­butkan, untuk me­ning­katkan pelayanan tran­s­por­tasi di Kota Padang memang dibutuhkan ang­garan yang memadai. Te­tapi, dengan segala ke­ter­batasan pem­benahan sudah bisa di­la­kukan bersinergi dengan SKPD terkait. Seperti pem­benahan halte Trans Pa­dang, rambu-rambu lalu lintas. APBD untuk pembenahan tersebut mencapai Rp2,4 mi­liar. “Komplain memang ma­sih ada dari masyarakat, tetapi secara perlahan ke­luhan itu sudah bisa diperbaiki,” tutup Rudy. (h/ows)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 08 November 2019 - 14:03:43 WIB

    DPRD Padang: Dishub Harus Tindak Angkot Ugal-ugalan

    DPRD Padang: Dishub Harus Tindak Angkot Ugal-ugalan PADANG, HARIANHALUAN.COM - DPRD Kota Padang minta Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Padang rutin menggelar operasi penertiban angkot..
  • Ahad, 05 Mei 2019 - 16:37:33 WIB

    Jalur Angkot Kawasan Bundaran Air Mancur Ditata Ulang

    Jalur Angkot Kawasan Bundaran Air Mancur Ditata Ulang PADANG, HARIANHALUAN.COM - Demi kenyamanan dan ketertiban kawasan Pasar Raya, tim gabungan melakukan penataan kawasan bundaran air mancur, Jumat (3/5). Penataan diawali dengan memasang rambu baru di kawasan tersebut untuk jal.
  • Rabu, 04 Juli 2018 - 13:54:40 WIB

    400 Angkot di Padang Bakal Disulap jadi Angkutan Lingkungan

    400 Angkot di Padang Bakal Disulap jadi Angkutan Lingkungan PADANG, HARIANHALUAN.COM—Realisasi pengadaan angkutan jalan lingkungan di Kota Padang masih menunggu peraturan>.
  • Jumat, 22 September 2017 - 09:22:29 WIB

    Angkot Harus Berbenah, Pelarangan Gojek Bukan Solusi

    Angkot Harus Berbenah, Pelarangan Gojek Bukan Solusi PADANG, HARIANHALUAN.COM— Walikota Padang Mahyeldi meminta pengusaha dan sopir angkot untuk berbenah menghadapi kemajuan jaman, dan bersaing dengan angkutan daring. Keberadaan gojek jelas menguntungkan warga..
  • Selasa, 29 Agustus 2017 - 10:48:43 WIB

    Angkot Demo, Warga Butuh Trans Padang

    Angkot Demo, Warga Butuh Trans Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM — Pengamat Transportasi Unand Dr. Yossyafra menyebut aksi demo terkait Trans Padang yang digelar pengusaha dan pengemudi angkutan kota di Padang tak masuk akal. Ia menyebut, layanan Trans Padang di .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]