Pembersih Sampah Bisa Menguak Misteri MH370


Jumat, 31 Juli 2015 - 20:12:41 WIB

Bersama rekannya, pu­ing yang cukup besar itu ditarik ke bagian dalam pulau su­paya tidak tersapu arus om­bak. Setelah menemukan serpihan, Johnny meng-goo­gling ‘plane disasters’ lalu mengaitkannya dengan peris­tiwa hilangnya MH3­70.

Awalnya, puing itu akan disimpan saja di dekat pan­tai agar bisa menjadi objek wisata bagi para turis. Na­mun rekan Johnny menolak karena ini adalah masalah kemanusiaan. Puing pesawat bisa jadi sebuah bencana dan ada keluarga penumpang yang khawatir di belahan dunia sana.

“Puing pesawat di laut itu tidak normal. Ada orang yang kemungkinan mati di pesawat dan keluarganya pasti ingin tahu,” cerita Johnnya. Akhirnya mereka melapor ke polisi.

Johnny tak hanya mene­mukan puing, dia juga ber­hasil mengevakuasi sebuah koper rusak dari dekat te­muan puing. Dia menduga, koper itu bagian dari ba­rang-barang dalam pesawat MH370.

“Ini sangat aneh, mem­buat saya bergetar,” cerita Johnny. “Koper itu sudah ada kemarin namun tak ada yang memperhatikannya,” sambungnya.

Meski begitu, Australia meragukan temuan koper itu. Dikutip dari The Austra­lian, Wakil Perdana Menteri Warren Truss menilai koper tersebut baru akan dipe­riksa. Namun diyakini itu bukan dari MH370.

“Itu bisa saja sampah,” kata Tuss.

Temuan Johnny lang­sung diverifikasi pihak Ma­lay­sia dan menyebutnya ‘ham­pir pasti’ milik MH­370. Namun untuk memas­tikannya secara ilmiah, kini puing tersebut sedang diteliti di Prancis.

MH370 dengan rute Ku­a­la Lumpur-Beijing dinya­ta­kan menghilang di atas Sa­mudera Hindia, setahun lalu. Pesawat itu menghilang sete­lah terbang menyimpang ja­uh dari rute seharusnya. Sela­ma lebih dari setahun puing pesawat itu tak pernah dite­mukan. Spekulasi ber­munc­ulan, mulai dari yang masuk akal sampai konspi­rasi.

Pulau La Reunion yang masuk wilayah Prancis, me­ru­pakan pulau kecil se­pan­jang 64 kilometer yang ber­jarak sejauh 6.400 kilometer dari lokasi terakhir MH370 terdeteksi satelit. Pulau ini berjarak sejauh 4.800 kilo­meter dari area pencarian tim gabungan MH370, yang selama setahun terakhir terus melakukan pencarian. (h/dtc)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]