Kemlu RI Upayakan Pembebasan 11 WNI


Jumat, 31 Juli 2015 - 20:14:36 WIB
Kemlu RI Upayakan Pembebasan 11 WNI

11 WNI ini ditangkap pada 18 Juli lalu, karena melakukan Salat Id di dekat Ka’bah sehingga meng­gang­gu jamaah yang lain. WNI ini membentuk lingkaran dan berkhutbah. Sempat diusir pihak keamanan Saudi na­mun menolak, hingga akhir­nya ditahan.

Baca Juga : Partai Golkar Satu Suara Usung Airlangga Hartarto Jadi Capres

Pemimpin rombongan Zubair Amir Abdullah(47), dibawa ke RS jiwa untuk melakukan pemeriksaan kejiwaan. Kelompok ini meyakini bahwa Idul Fitri jatuh pada Sabtu (18/7), sementara Pemerintah Sau­di menetapkan Idul Fitri jatuh pada 17 Juli. Peme­riksaan kejiwaan pada Zu­bair juga terkait keya­kinan­nya bahwa pimpinan mere­ka adalah Imam Mahdi, yaitu pemimpin umat akhir Zaman (menjelang kiamat).

“KJRI mendatangani Kepala Kepolisian Masjidil Haram guna meminta klari­fikasi dan meminta akses untuk menemui para WNI guna meminta info dan seka­ligus untuk menenangkan mereka bahwa mereka men­dapatkan pendampingan dari KJRI,” jelas Iqbal.

Baca Juga : Perkuat Infrastruktur Digitalisasi Partai, Anis Matta Resmikan Gelora Media Centre

“Pihak kepolisian meme­nuhi permintaan KJRI dan KJRI berkesempatan ber­temu dengan salah seorang anggota kelompok yaitu saudara Rahmat Syawal Lu­bis (34). Dalam pertemuan tersebut, saudara Rahmat membenarkan kronologi kejadian sebagaimana di­sam­paikan pihak kepo­li­sian. Selanjutnya KJRI telah meminta bertemu dengan investigator yang langsung menangani kasus ini dan dijanjikan akan bertemu pada 30/7. KJRI akan terus berikan pendampingan dan mengupayakan pembebasan mereka,” tutur Iqbal.

Selain itu juga, KJRI Jeddah bertemu dengan investigator yang menangani 11 orang WNI anggota HIMP­ASS. Hasilnya KJRI sampaikan bahwa ini hanya masalah perbedaan ijti­ha­diah mengenai 1 syawal yang juga terjadi di banyak negara Islam. Karena itu memohon untuk dapat dibe­baskan se­hing­ga pemerintah Indo­nesia dapat melakukan pem­binaan terhadap me­reka.­ (h/dtc)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]