Hanya 17.319 Usaha di Pekanbaru yang Berizin


Ahad, 02 Agustus 2015 - 20:13:51 WIB
Hanya 17.319 Usaha di Pekanbaru yang Berizin

M Jamil menyebut, bila semua pelaku usaha sadar dan taat aturan, diprediksi jumlah usaha yang memiliki izin akan bertambah. Me­nurut analisa M Jamil, ada sekitar 35-40 ribuan pelaku usaha yang ada di Pekanbaru.

Baca Juga : Tempat Wisata Ditutup, Warga Padati Taman Kota Siak

“Kami akan jeput bola sambil lakukan sosialisasi, banyak potensi yang bisa diraih, contohnya bila satu gudang bisa menampung 300ribuan pelaku usaha, sementara di Pekanbaru ada puluhan komplek per­gu­dang­an. Belum lagi dengan usaha yang berada diluar Ruko, kan bisa maksimal nanti jadinya,” kata M Jamil.

Izin- izin yang harus dimiliki seperti, Tanda Daf­tar Perusahaan, Izin Ga­ng­guan (HO), Surat Izin Usaha Perdagangan dan izin lain­nya. Tak ada target dalam operasi yang akan dilakukan, namun Pemko sudah me­matok PAD dari retribusi tahun 2015 harus dicapai sebesar Rp 22M.

Baca Juga : Sejak Awal Lebaran, Masuk ke Pantai Tiram Berbayar

“Makanya tim akan men­datangi satu persatu tempat usaha yang ada di 12 Keca­matan. Bila dilapangan di­temu­kan usaha belum me­miliki izin, akan didata dan disarankan untuk me­ngurus­nya. Kami sementara akan menempeli stiker khusus di tempat itu, bagi izinnya yang kadarlaursa, diberi pe­ringa­tan pertama untuk mengurus perpanjangan,” tegasnya.

BPT-PM juga tidak me­layani pengurusan Izin di­tempat, untuk menghindari oknum- oknum calo. Dalam sosialisasi itu nanti, kata Jamil, pihaknya akan mem­beritahu pelaku usaha ter­kait dengan Perda No. 3 tahun 1982, tentang izin usaha, yang mewajibkan usaha memiliki izin resmi.

“Bila peringatan dari kami tidak diindahkan sam­pai tiga kali, maka usahanya akan kami tutup,” imbuhnya. (h/her)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]