Penumpang Harapkan Pelabuhan Tanjung Harapan Direnovasi


Ahad, 02 Agustus 2015 - 20:15:40 WIB

Ibu muda ini me­nutur­kan, keberadaan Pelabuhan Tanjung Harapan semakin jorok dan semakin ke­ting­galan zaman. Menurutnya, ia telah mengamati ke­be­rada­an pelabuhan itu  sejak 30 tahun silam. Selama itu, tidak ada perubahan yang berarti da­lam pelabuhan yang semakin ramai di­gunakan itu.

“Mulai dari keberadaan fasilitas di luar gedung be­rupa parkir dan juga jem­batan dermaga menuju pon­ton. Terlalu sempit, dan ponton yang hanya satu unit sehingga terpaksa digunakan dengan cara antrian. Dimana kapal yang akan merapat kadang tidak bisa langsung ke pelabuhan, karena me­nunggu kapal yang akan berangkat,” tambahnya.

Menurut  Irna, kondisi ini cukup merugikan para calon penumpang. Baik pe­num­pang yang akan turun maupun bagi calon pe­num­pang yang akan bepergian ke daerah lain. Ini menjadi persoalan yang harus di­jawab oleh pihak PT Pelindo yang menangani tata kelola pelabuhan itu.

­Khusus sarana pe­la­buh­an di dalam ruang tu­ng­gu menurutnya juga PT Pelindo juga harus mampu mem­berikan pelayanan yang le­bih baik. Ruang tunggu ter­sebut haruslah bersih de­ngan keberadaan kamar ma­n­di yang standar.

Selanjutnya ruangan ha­rus­lah dipasang AC, se­hing­ga penumpang selama me­nu­ng­gu jadual ke­be­rang­katan ti­dak merasa jemu dan kelamaan menunggu. Bah­kan sudah saatnya juga ruang tunggu

itu dilengkapi dengan fasilitas wifi. Sehingga bagi penumpang yang sibuk be­rurusan dengan internet juga bisa tersalurkan.

Ini harus diwujudkan oleh PT Pelindo, meskipun Pemkab Meranti sendiri telah memulai pem­bangu­nan pelabuhan di Dorak. Namun pelabuhan Tanjung Harapan ke depan juga ma­sih akan digunakan karena mengantisipasi per­kem­ba­ng­an kota ke depan harus kita antisipasi sejauh mungkin. (h/jos)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 03 Februari 2018 - 05:14:45 WIB
    SELUNDUPKAN SABU

    Penumpang Lion Air Ditangkap

    Penumpang Lion Air Ditangkap BATAM, HALUAN- - Aksi penyelundupan narkotika jenis sabu melalui Bandara Hang Nadim, kembali digagalkan petugas Anti Narkotika Bea Cukai (BC) Batam. Penyelundupan ketiga dalam kurun tiga minggu ini, petugas menyita sebanyak 1.
  • Rabu, 02 November 2016 - 23:46:19 WIB
    KAPAL PENGANGKUT TKI TENGGELAM

    Belasan Penumpang Dilaporkan Meninggal

    Belasan Penumpang Dilaporkan Meninggal BATAM, HALUAN — Sebuah kapal pengangkut puluhan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) diduga ilegal dari Malaysia, tenggelam di perairan Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Rabu (2/11) dinihari. Hingga berita dilansir, 17 penumpang dila.
  • Selasa, 29 Maret 2016 - 02:54:38 WIB

    Penumpang Feri Meningkat 20 Persen

    DUMAI, HALUAN—Selama libur tiga hari pekan lalu terjadi peningkatan jumlah pe numpang transportasi laut mencapai hampir 20 persen di pelabuhan Dumai. Angka penumpang yang meningkat dibanding hari biasa ini terjadi pada rute.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]