Populasi Ternak Sapi di Kota Pariaman Capai 3.000 Ekor


Ahad, 02 Agustus 2015 - 20:20:31 WIB

Menghidari kerugian, agar sapi milik peternak tidak mengalami atau ter­serang penyakit deman tiga hari itu, perlu menampatkan ternak sapinya secara baik, tidak asal ditambatkan saja, sehingga kalau hujan kehu­janan dan kalau panas ke­panasan.

Penyakit demam pada sapi, memang bisa sembuh dengan sendirinya setelah tiga hari, tetapi jika ternak yang demam itu terkena infeksi, disinilah bahayanya jika tidak segera diobati, akibatnya bisa vatal dan merugikan petani.

Penyakit deman pada ternak sapi tersebut, hingga saat ini masih terkendali di Kota Pariaman, meski ada juga satu dua sapi yang dipe­lihara warga terkena pe­nyakit tersebut, tetapi tidak sampai fatal atau m­e­rugikan, jelas Anang.

Kita dari Pos Keswan tetap melakukan sosialisasi kepada peternak, agar ter­nak peliharaan mereka tetap sehat dan menghasilkan.

Populasi ternak besar kusus ternak sapi di Kota Pariaman, hingga sekarang, Juli ini, hampir 3.000 ekor. 65% diantaranya adalah sapi betina.  Dari parsentase ini masih terlihat bahwa pertumbuhan usaha peter­nakan sapi yang dipelihara oleh warga atau kelompok tani masih ter­lihat bergairah. (h/tri)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 12 Juni 2020 - 13:37:22 WIB

    Disiplin Tinggi, Sutan Riska Apresiasi Populasi di Pasar Pulau Punjung Jalankan Tatanan New Normal

    Disiplin Tinggi, Sutan Riska Apresiasi Populasi di Pasar Pulau Punjung Jalankan Tatanan New Normal HARIANHALUAN. COM - Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, mengapresiasi tingkat kepatuhan dan kedisiplinan pengunjung dan pedagang Pasar Pulau Punjung..
  • Senin, 12 Agustus 2019 - 16:58:08 WIB

    Populasi Rinuak Maninjau Kembali Meningkat

    Populasi Rinuak Maninjau Kembali Meningkat AGAM, HARIANHALUAN.COM - - Dinas Perikanan Dan Ketahanan Pangan (DPKP) Agam, mengungkapkan jika tangkapan rinuak oleh masyarakat di selingkaran Danau Maninjau terus meningkat. Rinuak sempat menghilang akibat pencemaran air da.
  • Selasa, 22 November 2016 - 00:42:15 WIB

    Populasi Buaya Pessel Mulai Membaik

    PAINAN, HALUAN — Se­menjak sebagian wilayah Silaut dan Lunang dijadikan kon­servasi buaya, saat ini populasi hewan tersebut sudah mulai membaik. Seiring dengan per­tambahan populasi buaya ter­sebut warga diminta untuk b.
  • Kamis, 29 September 2016 - 02:56:28 WIB

    Pessel Siap Tingkatkan Populasi Sapi Lokal

    PAINAN, HALUAN — Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan, melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan), mencatat perkembangan populasi sapi sudah mengalami peningkatan sebanyak tiga persen pertahunnya. Pem.
  • Ahad, 15 November 2015 - 19:23:43 WIB

    Populasi Kuda di Sumbar di Ambang Kepunahan

    MINIM PERHATIAN PEMERINTAH

    PADANG PANJANG, HALUAN — Populasi kuda di Sumatera Barat, di ambang kepunahan. Padahal, Sumbar sejak dulunya sudah dikenal sebagai salah satu daerah yang merupakan sent.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]