Populasi Ternak Sapi di Kota Pariaman Capai 3.000 Ekor


Ahad, 02 Agustus 2015 - 20:20:31 WIB
Populasi Ternak Sapi di Kota Pariaman Capai 3.000 Ekor

Menghidari kerugian, agar sapi milik peternak tidak mengalami atau ter­serang penyakit deman tiga hari itu, perlu menampatkan ternak sapinya secara baik, tidak asal ditambatkan saja, sehingga kalau hujan kehu­janan dan kalau panas ke­panasan.

Baca Juga : 11 Kecamatan dan 7 Kabupaten/Kota di Sumbar Masih Belum Optimal dalam Penerapan Prokes

Penyakit demam pada sapi, memang bisa sembuh dengan sendirinya setelah tiga hari, tetapi jika ternak yang demam itu terkena infeksi, disinilah bahayanya jika tidak segera diobati, akibatnya bisa vatal dan merugikan petani.

Penyakit deman pada ternak sapi tersebut, hingga saat ini masih terkendali di Kota Pariaman, meski ada juga satu dua sapi yang dipe­lihara warga terkena pe­nyakit tersebut, tetapi tidak sampai fatal atau m­e­rugikan, jelas Anang.

Baca Juga : Menara Masjid Raya Sumbar jadi Daya Tarik Baru Wisatawan

Kita dari Pos Keswan tetap melakukan sosialisasi kepada peternak, agar ter­nak peliharaan mereka tetap sehat dan menghasilkan.

Populasi ternak besar kusus ternak sapi di Kota Pariaman, hingga sekarang, Juli ini, hampir 3.000 ekor. 65% diantaranya adalah sapi betina.  Dari parsentase ini masih terlihat bahwa pertumbuhan usaha peter­nakan sapi yang dipelihara oleh warga atau kelompok tani masih ter­lihat bergairah. (h/tri)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]