KPU Segera Bahas Standar Biaya Kampanye


Ahad, 02 Agustus 2015 - 20:21:46 WIB

“Sebelum menetapkan standar biaya kampanye, ka­mi akan menggelar rapat internal dan rapat bersama Bac­akada. Saat ini kami se­dang merancang rapat-rapat tersebut,” ujarnya saat dihu­bungi Haluan, Jumat (31/7).

Ia menginformasikan, standar biaya kampanye di tiap KPUD berbeda. Per­bedaan itu berdasarkan per­bedaan standar biaya ma­sing-masing daerah. Hingga saat ini, kata Isyuliardi, Bacakada di Solsel baru menyerahkan nomor reke­ning kampanye, yang dise­rahkan saat pendaftaran se­bagai salah satu ­persyaratan.

Se­mentara itu, ia me­ngim­bau Bacakada untuk menyerahkan laporan ke­kayaan ke KPUD karena batas penyerahannya be­rakhir pada 7 Agustus.

“Setelah kami menerima hasil verifikasi dari KPK, Cakada didampingi KPU, akan mengumumkan harta keka­yaannya ke ma­syara­kat,” ucap Isyuliardi.

Sementara itu, KPU Bu­kit­tinggi juga belum me­netapkan biaya kampanye bagi lima pasangan calon kepala daerah (cakada) yang telah mendaftar di KPU Bukittinggi.

Seperti diketahui, ber­dasarkan pasal 65 ayat 2 UU Nomor 1 tahun 2015 tentang Pemilihan Kepala Daerah disebutkan bahwa dari tujuh jenis sosialisasi ke ma­sya­rakat, kampanye dalam ben­tuk debat publik, penye­baran bahan kampanye ke­pa­­da umum, pemasangan alat peraga, dan iklan media mas­sa kini dibiayai negara.

“Kami masih mela­ku­kan pembahasan biaya kam­panye itu, jadi belum bisa mempublikasikan bera­pa total biaya kampanye yang dite­tapkan, termasuk rin­cian biaya kampanye untuk masing-masing calon,” ujar Komisioner Divisi Hukum KPU Bukittinggi, Tanti En­dang Lestari, Jumat (31/7).

Menurut Tanti, pem­ba­ha­san yang sedang di­la­kukan KPU saat ini akan mem­­pertimbangkan efek­tivitas dan efesiensi biaya, serta mempertimbangkan tinda­kan seadil-adilnya ba­gi selu­ruh pasangan calon, agar tidak ada satupun pa­sangan calon yang nantinya protes dan merasa di­ru­gikan.

Menurutnya, yang bisa dilakukan pasangan calon setelah nantinya ditetapkan sebagai pasangan calon res­mi oleh KPU, adalah ber­sosiasilasi dengan me­nyebar ba­j­u kaos, topi, mug, ka­lender, kartu nama, pin, pena, payung dan stiker, dengan biaya maksimal Rp25 ribu per-pcs. (h/dib/wan)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]