Hasil Tes Kesehatan Kejiwaan 4 Cakada Diragukan


Ahad, 02 Agustus 2015 - 20:33:47 WIB
Hasil Tes Kesehatan Kejiwaan 4 Cakada Diragukan

"Kami telah disumpah mera­hasiakannya," kata Wakil Ketua IDI Sumbar, Prof. dr. Nusirwan Acang saat akan menyerahkan hasil pemeriksaan kesehatan seluruh calon, di Aula KPU Sumbar, Sabtu (1/8).

Baca Juga : Hendri Septa Serahkan Paket Sembako untuk Warga Sekitar TPA Air Dingin

Pemeriksaan ulang terhadap empat calon itu pun telah dila­kukan pada jadwal pemeriksaan di RSUP M. Djamil pada 27-31 Juli lalu.

Hasil pemeriksaan ini nanti­nya akan diserahkan kepada ketua KPU masing-masing. Jika tidak ada ketuanya, maka harus ada surat mandat kepada penggan­tinya. "Setelah itu mau diapakan hasilnya kami tidak mau tahu," kata Acang yang didampingi Sekretaris IDI Sumbar, Syafrudin Alun.

Baca Juga : Pemenuhan Standar Pelayanan Publik Kewajiban Seluruh OPD

Ia juga meminta maaf kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan calon yang merasa dilayani tidak baik. Dikatakan Syafrudin, saat pemeriksaan rua­ngan memang ditutup dan hanya tim pemeriksa, calon, dan pen­damping dari KPU yang boleh berada di dalam. "Saat pleno juga demikian dimana hanya tim pe­me­riksa yang ada di dalam, pe­tugas dari KPU pun tidak dibo­lehkan," ungkapnya.

Koordinator Devisi Teknis KPU Sumbar, Mufti Syarfie me­nga­takan, KPU Sumbar dan KPU Kabupaten Kota harus segera melakukan penelitian berkas hasil pemeriksaan kesehatan calon untuk memastikan kese­hatan cakada memenuhi syarat atau tidak.

Baca Juga : Hendri Septa Apresiasi UPI-YPTK Salurkan Zakat Rp 1 Miliar

"Jika tidak memenuhi syarat, maka KPU harus segera mela­porkannya kepada partai pengu­sung untuk segera mengganti calon. Hasil pemeriksaan nan­tinya juga akan diumumkan di media," ungkapnya.

Saat ini KPU sedang meneliti berkas bakal calon, meski hasil sementara banyak yang belum lengkap. Sementara untuk tahap perbaikan oleh pasangan bakal calon dilakukan pada tanggal 4-7 Agustus mendatang. Setelah itu 8 Agustus pasangan bakal calon melalui penghubungnya menye­rahkan kembali berkas yang telah diperbaiki ke KPU. Syarat per­baikan itu diverifikasi lagi hingga 14 Agustus.

Baca Juga : Petugas Kebersihan DLH Padang Kembali Terima Bantuan Paket Ramadan

"Paling lambat 15 Agustus kita sudah mengetahui pasangan calon tersebut memenuhi syarat atau tidak. Jika ada yang tidak memenuhi syarat, maka akan kita dicoret," kata Mufti.

Ketika pasangan calon atau salah satu calon dicoret, maka partai pengusung berhak mencari penggantinya. "Calon yang tidak tidak memenuhi syarat, tidak bisa dicalonkan lagi, cari penggantiya" ujar Mufti. (h/mg-rin)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]