Hasil Tes Kesehatan Kejiwaan 4 Cakada Diragukan


Ahad, 02 Agustus 2015 - 20:33:47 WIB

"Kami telah disumpah mera­hasiakannya," kata Wakil Ketua IDI Sumbar, Prof. dr. Nusirwan Acang saat akan menyerahkan hasil pemeriksaan kesehatan seluruh calon, di Aula KPU Sumbar, Sabtu (1/8).

Pemeriksaan ulang terhadap empat calon itu pun telah dila­kukan pada jadwal pemeriksaan di RSUP M. Djamil pada 27-31 Juli lalu.

Hasil pemeriksaan ini nanti­nya akan diserahkan kepada ketua KPU masing-masing. Jika tidak ada ketuanya, maka harus ada surat mandat kepada penggan­tinya. "Setelah itu mau diapakan hasilnya kami tidak mau tahu," kata Acang yang didampingi Sekretaris IDI Sumbar, Syafrudin Alun.

Ia juga meminta maaf kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan calon yang merasa dilayani tidak baik. Dikatakan Syafrudin, saat pemeriksaan rua­ngan memang ditutup dan hanya tim pemeriksa, calon, dan pen­damping dari KPU yang boleh berada di dalam. "Saat pleno juga demikian dimana hanya tim pe­me­riksa yang ada di dalam, pe­tugas dari KPU pun tidak dibo­lehkan," ungkapnya.

Koordinator Devisi Teknis KPU Sumbar, Mufti Syarfie me­nga­takan, KPU Sumbar dan KPU Kabupaten Kota harus segera melakukan penelitian berkas hasil pemeriksaan kesehatan calon untuk memastikan kese­hatan cakada memenuhi syarat atau tidak.

"Jika tidak memenuhi syarat, maka KPU harus segera mela­porkannya kepada partai pengu­sung untuk segera mengganti calon. Hasil pemeriksaan nan­tinya juga akan diumumkan di media," ungkapnya.

Saat ini KPU sedang meneliti berkas bakal calon, meski hasil sementara banyak yang belum lengkap. Sementara untuk tahap perbaikan oleh pasangan bakal calon dilakukan pada tanggal 4-7 Agustus mendatang. Setelah itu 8 Agustus pasangan bakal calon melalui penghubungnya menye­rahkan kembali berkas yang telah diperbaiki ke KPU. Syarat per­baikan itu diverifikasi lagi hingga 14 Agustus.

"Paling lambat 15 Agustus kita sudah mengetahui pasangan calon tersebut memenuhi syarat atau tidak. Jika ada yang tidak memenuhi syarat, maka akan kita dicoret," kata Mufti.

Ketika pasangan calon atau salah satu calon dicoret, maka partai pengusung berhak mencari penggantinya. "Calon yang tidak tidak memenuhi syarat, tidak bisa dicalonkan lagi, cari penggantiya" ujar Mufti. (h/mg-rin)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 19 Agustus 2019 - 17:10:56 WIB

    16 Bangkai Kapal di Batang Arau Berhasil Dikeluarkan DKP

    PADANG, HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 16 dari 17 target bangkai kapal di Muaro Batang Arau berhasil dikeluarkan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP). Saat ini masih bersisa satu bangkai kapal yang ukurannya cukup besar dan terken.
  • Selasa, 16 Juli 2019 - 19:37:45 WIB

    Dilantik Walikota, Direksi Baru PDAM Padang Dituntut Hasilkan Air Minum

    Dilantik Walikota, Direksi Baru PDAM Padang Dituntut Hasilkan Air Minum PADANG, HARIANHALUAN.COM—Walikota Padang, Mahyeldi melantik jajaran Direksi PDAM Kota Padang periode 2019-2024 di Palanta Kota, rumah dinas Walikota, jalan A Yani Padang, Selasa (16/7). Pada kesempatan itu, direksi diharapk.
  • Selasa, 21 Mei 2019 - 23:24:09 WIB

    Hasil Panen 4.731 Ton, Stok Beras Padang Aman Sampai Juli

    Hasil Panen 4.731 Ton, Stok Beras Padang Aman Sampai Juli PADANG, HARIANHALUAN.COM—Dinas Pangan Kota Padang memprediksi ada sekitar 4.731 ton beras akan dihasilkan dari panen padi di Bulan Mei ini. Panen kali ini akan menjamin ketersediaan dan harga beras akan stabil sampai setela.
  • Rabu, 10 April 2019 - 10:40:15 WIB

    Mahyeldi: Bios 44 Meningkatkan Hasil Pertanian

    Mahyeldi: Bios 44 Meningkatkan Hasil Pertanian PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Guna melihat penggunaan Bios 44 yang telah disosialisasikan Kodim 0312/Padang, Panglima Kodam (Pangdam) I/Bukit Barisan, Mayor Jenderal TNI Mohamad Sabrar Fadhilah mengunjungi Demplot Bios 44 Koram.
  • Selasa, 02 Januari 2018 - 10:36:04 WIB

    DPRD Padang Hasilkan Tujuh Perda

    DPRD Padang Hasilkan Tujuh Perda PADANG, HARIANHALUAN.COM--- - DPRD Kota Padang melaksanakan Sidang Paripurna penutupan masa sidang ketiga (September - Desember) tahun 2017 sekaligus pembukaan masa sidang pertama (Januari-April) 2018 pada Jumat (29/12)..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]