Dekat dan Peduli Dunia Usaha


Ahad, 02 Agustus 2015 - 20:34:24 WIB
Dekat dan Peduli Dunia Usaha

"Di sini (Hipmi, red) tempat berkumpulnya para pengusaha. Jadi, ketika pe­mim­pin mendatang dekat dengan Hipmi mereka akan dekat dengan pengusaha," ucap Ketua Umum BPD Hipmi Sumbar Zigo Ro­landa kepada Haluan, Ming­gu (2/8).

Baca Juga : Etika Politik Koalisi PKS dan PAN dalam Menentukan Wakil Walikota Padang

Menurut Zigo, kedua pasang calon gubernur ini, Irwan Prayitno-Nasrul Abit (IP-NA) dan Muslim Ka­sim-Fauzi Bahar (MK-Fau­zi) sama-sama memiliki jiwa interpreneur yang bagus. Hanya saja ke depan me­mang lebih mendekatkan diri lagi dengan pengusaha.

"Dua-duanya ada jiwa in­ter­preneur hanya saja nan­tinya mereka ini harus lebih aktif lagi mendekatkan diri dengan pengusaha," ujar Zigo.

Baca Juga : Politik dan Etika Berkelindan dalam Pengisian Jabatan Wawako Padang

Ke depan tukasnya, siapa pun yang nantinya terpilih harus dekat dan lebih mem­perhatikan dunia usaha di Sumbar. Karena bagaimana pun, pemerintah sebagai yang punya regulasi bisa memberikan perhatian lebih kepada pengusaha.

"Apakah itu UMKM, pe­ngu­saha menengah dan bah­kan harapan kita kepada pengusaha pemula," im­buhnya.

Baca Juga : Jangan Terlalu Bersedih Jika Kamu Dihinakan

Khusus untuk pengusaha pemula Hipmi sangat me­nunggu pemerintah bisa mem­berikan perhatian le­bih. Apakah itu nantinya melalui pelatihan, seminar atau pun memberikan kem­u­dahan dalam pengurusan izin.

"Kita sudah jemput bola dengan masuk ke kampus-kampus untuk menjaring pengusaha pemula ini. Na­mun, hal ini tidak ada artinya tanpa peran serta pemerin­tah selaku yang memiliki regulasi," ungkapnya.

Baca Juga : Mengapa Isu Presiden 3 Periode Kembali Berhembus?

Sejauh ini kesulitan yang masih dirasakan pengusaha pemula ini kata Zigo sulit­nya proses perizinan, akibat­nya banyak dari usahawan muda ini yang patah dite­ngah jalan.

"Semoga pemimpin yang terpilih nanti bisa mem­perhatikan hal ini. Apalagi pada akhir Desember men­datang Sumbar juga menyongsong MEA," ucap Zigo.

Hal senada juga disuarakan Ketua Kamar Dagang dan In­dustri (Kadin) Sumbar, Asnawi Bahar yang dihubungi Haluan kemarin. Ia menuturkan, calon gubernur mendatang harus mem­punyai jiwa interpreneur dan dekat dengan pengusaha, ter­utama UMKM.

Dikatakan Asnawi, sejauh ini, toh Sumbar tidak memiliki indus­tri besar yang dapat menjadi pe­nopang perekonomian. UM­KM lah yang banyak berkon­tribusi untuk perekonomian Sumbar.

"Kondisi perekonomian kita saat ini memang sedang guncang tentu bukan kita saja tapi secara nasional. Tetapi untuk bertahan dengan kondisi ini tentu butuh strategi, salah satunya dengan memajukan UMKM," ujarnya.

Dikatakan  Asnawi, calon gubernur yang memang memper­hatikan UMKM lah yang me­mang harus menjadi pilihan. Mengingat peran UMKM saat ini sudah sangat membantu masyarakat.

"Kita tahu gubernur milik rakyat bukan golongan, jadi gubernur yang dekat dengan rakyat dan memperhatikan kese­jahteraan masyarakat terutama masyarakat pengusaha," tan­dasnya. ***

 

Laporan:
ISRA HERMANTO

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]