Mengatasi Susah Tidur Pada Wanita Hamil


Senin, 03 Agustus 2015 - 19:37:42 WIB
Mengatasi Susah Tidur Pada Wanita Hamil

“Solusi paling jelas ada­lah membuat tidur menjadi prioritas meskipun itu tidak selalu mudah. Tapi ini men­jadi bagian penting untuk merawat diri sendiri dan bayi Anda kelak,” kata Lei­gh.

Baca Juga : Dunia Games League 2021, Dorong Gamer Indonesia Tingkatkan Kemampuan

Namun, Leigh meng­ingatkan jika Anda sering­kali mendengkur dengan keras atau sering mengalami henti napas, maka akan lebih baik lagi jika Anda ber­konsultasi dengan dokter atau­ bidan. Leigh pun mem­bagi tips yang bisa dilakukan ibu hamil agar lebih mudah memejamkan mata, seperti dilansir Essential Baby:

1. Jangan khawatir tentang insomnia

Baca Juga : Khusus Pria! 5 Model Rambut Ini Bisa Bikin Ganteng Maksimal

Jika Anda tidak bisa tidur, jangan berbaring di tempat tidur dan memaksa mata Anda terpejam. Ba­ngunlah dari tempat tidur dan lakukan beberapa ke­giatan misalnya membaca, merajut, menulis d jurnal, merenda baju bayi, atau mandi air hangat. Aktivitas yang menenangkan dan lam­bat laun ‘membosankan’ bisa membuat Anda lebih mudah terlelap. Hindari membaca dari tablet atau handphone serta mengecek media sosial, email, atau berita di malam hari.

2. Perhatikan posisi tidur

Baca Juga : Ramadan jadi Momentum Penting bagi Perokok Aktif, Kok Bisa?

Hindari tidur dengan po­sisi berbaring telentang. Jika bisa, cobalah tidur dengan menghadap ke sam­ping. Se­lain itu gunakan juga bantal di antara lutut dan di bawah perut sebagai peno­pang tubuh Anda. Juga guna­kan ganjalan bantal di ba­gian punggung untuk mem­buat Anda nyaman.

3. Olahraga

Baca Juga : Jakarta Masuk dalam Daftar Kota Termahal Dunia, Ini Penyebabnya

Setidaknya lakukanlah olahraga selama 30 menit setiap hari. Tak harus olah­raga berat, Anda bisa men­coba yoga, jalan kaki, atau pilates. Olahraga dan re­laksasi setiap hari bisa mem­per­mudah tidur Anda di malam hari.

4. Minum cukup air dan perhatikan menu harian

Minumlah banyak air di siang hari tapi kurangi jum­lahnya saat hari beranjak malam. Hal ini perlu dila­kukan agar Anda tak mudah terbangun di malam hari akibat ingin buang air kecil. Untuk menu sehari-hari, hindari gorengan serta ma­kanan asam dan pedas. Se­lain itu, makanlah dalam porsi kecil tapi sering.

5. Rencanakan tidur dengan baik

Batasi apa yang Anda lakukan di malam hari. Per­gi ke tempat tidur lebih awal dari waktu biasanya memang sulit,tapi itu lebih baik daripada Anda tidur me­lebihi waktu biasanya.

6. Tidur siang

Jika Anda merasa ngan­tuk di siang hari dan merasa bisa tidur, maka lakukanlah. Tapi jangan lakukan jika itu sekiranya bisa membuat Anda justru sulit tertidur di malam hari.   (h/dtc)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]