Harga Cabai Stabil, Harga Ayam Melambung


Senin, 03 Agustus 2015 - 19:45:58 WIB

Salah seorang pedagang sembako di Pasar Raya In­pres II, Soni (30) saat dida­tangi Haluan mengatakan bahwa, beberapa kebutuhan akan harga bahan pokok saat ini masih stabil. Ada bebe­rapa di antaranya yang turun harga seperti bawang me­rah.”Dengan stabilnya harga kebutuhan bahan pokok, daya beli malah lesu,” kata­nya.

Dijelaskannya, untuk harga bawang putih saat ini berada pada kisaran harga Rp18.000 per kg. Kemu­dian, untuk bawang merah packing masih berada pada harga Rp16.000 per kg. Demikian juga dengan harga Kentang Rp7.000 per kg Asal Kerinci. Untuk harga bawang bombai kisaran har­ga Rp15.000 per kg.

“Namun untuk harga Cabai rawit saat ini naik dikisaran harga Rp45.000 per kg Asal Surian dari harga sebelumnya Rp40.­000 per kg,” terangnya.

Dilanjutkannya, saat ini stok bahan pokok terutama cabai merah lancar ma­suk­nya. Namun, daya beli ma­syarakat agak kurang. “Ka­rena kebutuhan banyak usai lebaran seperti tahun ajaran baru,” pungkas Soni.

Ditambahkannya, de­ngan berkurangnya pembeli saat ini jual beli hanya seke­darnya saja.

Sementara itu, usai leba­ran ini, harga ayam potong masih naik dan membuat resah masyarakat.

Pedagang Ayam Pasar Inpres I Pasar Raya Padang, Aciak menuturkan bahwa saat ini harga ayam potong dari harga sebelumnya Rp18.­000 naik menjadi Rp26.000 per kg. Hal ini tentu saja membuat ma­syarakat terpekik. “Harga terus melambung, namun pasokan ayam potong ini tidak kurang. Tidak tahu apa sebabnya,” ungkapnya.

Ia berharap dan  me­minta kepada dinas terkait apa penyebabnya. “Apakah ada permainan di belakang atau ada kendala yang tidak terungkap. Hal ini membuat daya beli lesu,” tambahnya.

Salah seorang Pembeli, Meg­a Wati pada saat itu me­nge­­luh dengan kenaikkan har­ga yang sedang terjadi. Se­dangkan ia sedang mem­butuh­kan ayam potong un­tuk keper­luan dalam jumlah yang ba­nyak.

Payah bana ayam kini. Awak ka paralu untuk pesta dan sangat merasa kewa­lahan. Tapi mau tak mau harus dibali juo dan pemai­kaian dikurangi sajo,” papar­nya. (h/mg-win)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 20 Juni 2020 - 23:01:54 WIB

    Di Negara Ini Harga Bensin Tiap Hari Naik

    Di Negara Ini Harga Bensin Tiap Hari Naik HARIANHALUAN.COM – Para pengusaha stasiun pengisian bahan bakar umum mengalami kerugian yang cukup banyak, akibat dampak dari wabah virus COVID-19. Hal ini terjadi di seluruh dunia, termasuk negara-negara di Asia..
  • Senin, 25 Mei 2020 - 07:28:01 WIB

    Hoki Parah! Kakak-Beradik Ini Temukan Emas Seharga Rp1,2 Miliar di Tengah Pandemi Covid-19

    Hoki Parah! Kakak-Beradik Ini Temukan Emas Seharga Rp1,2 Miliar di Tengah Pandemi Covid-19 HARIANHALUAN.COM -- Menjalani hari-hari dalam suasana lockdown atau karantina wilayah selama pandemi Covid-19 terkadang membosankan dan orang tua sulit membuat anak-anak terhibur..
  • Senin, 13 April 2020 - 09:57:24 WIB

    Sepakat Pangkas Produksi, Harga Minyak Dunia Tak Berubah

    Sepakat Pangkas Produksi, Harga Minyak Dunia Tak Berubah INTERNASIONAL, HARIANHALUAN.COM -- Harga minyak dunia sedikit berubah pada Minggu (12/4/2020), setelah produsen utama mencapai kesepakatan pemangkasan produksi 10 juta barel per hari..
  • Rabu, 01 April 2020 - 08:05:26 WIB

    Karena Corona, Harga Minyak Dunia Anjlok Lebih dari 50 Persen

    Karena Corona, Harga Minyak Dunia Anjlok Lebih dari 50 Persen INTERNASIONAL, HARIANHALUAN.COM -- Harga minyak dunia terus mengalami tekanan akibat merebaknya virus corona atau Covid-19 di sejumlah negara di dunia. Hingga kuartal 1 2020 ini, harga minyak sudah anjlok lebih dari 50 persen.
  • Jumat, 27 Maret 2020 - 12:15:40 WIB

    Harga Bensin di AS Diobral Jadi Rp4.200 per Liter

    Harga Bensin di AS Diobral Jadi Rp4.200 per Liter JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Wabah virus corona COVID-19 yang sebelumnya melanda Asia dan Eropa, kini sudah mulai menyebar di benua Amerika. Dalam sehari, 16 ribu warga AS terjangkit penyakit tersebut..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]