KWT dan Dasawisma Sepakati Kerja Sama Ketahanan Pangan


Senin, 03 Agustus 2015 - 19:47:23 WIB
KWT dan Dasawisma Sepakati Kerja Sama Ketahanan Pangan

Menurut dia, kehadiran KWT dan Dasawisma di setiap kelurahan, cukup banyak membantu pen­da­patan keluarga. Di sejumlah kelurahan, KWT mampu me­nambah penghasilan ke­luar­ga, minimal Rp1 sampai Rp1,5 juta per bulan. Tana­man yang dikelolanya antara lain cabe kopay, sayur-sayu­ran dan tanaman holti­kul­tura lain.

Baca Juga : Update Penularan Virus Corona di Sumbar, Pasien Positif: 443, Sembuh: 291, dan Meninggal Dunia: 9 Kasus

“Dalam rangka me­rang­sang KWT dan dasa­wisma untuk mengembangkan tana­man pangan, Pemko ber­sama Pemprov Sumatera Barat, telah mengucurkan bantuan kepada sejumlah KWT di kota ini,” sebutnya.

Walikota Payakumbuh, Riza Falepi saat membuka kegiatan ini menyebutkan, sesuai dengan program na­sional dalam 3 tahun ke depan, target  swasembada pangan harus tercapai di Ta­nah Air, termasuk di Paya­kumbuh. “Sukses ketahanan pa­ngan akan mampu mene­kan angka inflasi secara nasional.,”sebutnya.

Baca Juga : Waduh! Masyarakat Batu Basa Tak Terapkan Prokes Saat Salat Idul Fitri

Riza Falepi men­con­toh­kan, hanya dari satu sek­tor saja, seperti produksi cabe yang turun, akan  memacu inflasi lebih tinggi di setiap provinsi. Karena itu,  peran masyarakat lewat KWT dan Dasawisma, diharapkan mam­­­pu mening­katkan swa­sem­­bada pangan, seperti me­na­nam cabe kopay, ja­gung dan lain.

“Saat ini kami juga mem­­buat proyek per­con­tohan jagung di lahan se­luas 1 hektare (Ha) de­ngan me­ngan­deng TNI. Ke depan, sebanyak 50 Ha lahan tidur akan dimanfaatkan sebagai kawasan jagung lestari de­ngan sistim pompanisasi air, dengan target produksi yang diharapkan seberat 5.000 ton,” jelasnya.

Rakor Kantor Keta­ha­nan Pangan Payakumbuh itu diikuti 40 peserta, yang me­rupakan  anggota dewan ketahanan pangan kota ini.  Turut dihadiri Kepala Badan Ketahanan Pangan Sumbar Efendi, Kepala Kantor Ke­tahanan Pangan Antoni Ja­ya, Kadis Perikanan dan Peter­nakan Depi Sastra, Kadis Pertanian, Per­kebu­nan dan Kehutanan Zul­inda Kamal, pimpinan SKPD, camat dan pihak terkait. (h/zkf)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]