Spanyol Bakal Bangkrut Susul Yunani


Senin, 03 Agustus 2015 - 19:59:42 WIB

Varoufakis adalah eko­nomi Yunani dengan ide-ide tak lazim tentang euro dan restrukturisasi utang Yu­nani. Ia mengundurkan diri sehari setelah Yunani me­milih menolak bailout lewat referendum 5 Juli.

Saat itu, meski meme­nangkan referendum, PM Alex Tsipras berubah posisi dan menerima bailout yang ditawarkan Uni Eropa ken­dati rakyatnya menolak.

Itulah yang membuat Varoufakis mengundurkan diri. Ia meramalkan bailout itu akan gagal menyela­mat­kan perekonomian Yunani.

Di Spanyol, PM Mariano Rajyo menggunakan tur­bulensi ekonomi Yunani sebagai latar belakang kam­panye manajemen krisis di pemerintahannya.

Rajoy, dari Partai Po­puler, mengatakan jika Po­demos -- partai sayap kiri yang dekat dengan Syriza, partai yang berkuasa di Yu­nani saat ini -- berkuasa dan memak­sakan perubahan, Spanyol akan terjun ke da­lam krisis.

Mengomentari pernyata­an Rajoy, Varoufakis me­ngatakan; "Perekonomian Spanyol tidak ubahnya se­pakbola. Politisi sayap ka­nan menggunakan isu Yu­nani untuk menekan lawan dengan menakut-nakuti mas­yarakat."

Perekonomian Spanyol bangkit tahun 2013, atau lima tahun setelah resesi. Kini, pertumbuhan ekonomi Spanyol 3,3 persen -- atau dua kali dari perkiraan rata-rata pertumbuhan negara Uni Eropa lainnya. (h/inl)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]