17 Tim Pebalap Internasional Pastikan Ikuti TdS 2015


Senin, 03 Agustus 2015 - 20:09:06 WIB
17 Tim Pebalap Internasional Pastikan Ikuti TdS 2015

“Sampai saat ini sudah 17 tim internasional yang akan ikut TdS 2015,” kata Asisten Deputi Pe­ngem­bangan Segman Pasar Pe­­r­sonal Kementerian Pa­ri­wisata Raseno Arya, di sela-sela Rapat Koordinasi Per­siapan TdS 2015 dengan Ke­pala Dinas Pariwisata Ka­bupaten/Kota se Sumbar, di Ja­karta, Senin (3/8).

Baca Juga : Libur Lebaran Usai, Dinkes Kota Padang: Masyarakat Harus Lakukan Tes Swab

Dijelaskan Raseno, dari tim yang sudah melakukan kon­firmasi keikutsertaannya itu ada yang merupakan tim baru yang sebelumnya belum pernah ikut TdS. “Ada sejumlah tim baru yang peringkatnya lebih tinggi,” kata Raseno.

Pelaksanaan TdS 2015 seba­nyak 9 etape dengan total jarak tempuh lebih kurang 1.181 km. Etape 1 Painan - Padang Paria­man (135 km), etape 2 Pariaman - Kabupaten Solok (120 km), etape 3 Sijunjung - Dharmasraya (197 km), etape 4 Solok Selatan - Sawahlunto (160 km).

Baca Juga : Jika Padang Zona Merah, Penutupan Objek Wisata Bakal Diperpanjang

Berikutnya etape 5 Bu­kit­tinggi - Tanah Datar (145 km), etape 6 Payakumbuh - Limapuluh Kota (135 km), etape 7 Pasaman - Pasaman Barat (98 km), etape 8 Pasaman Barat - Agam 127 km, etape 9 Padang­panjang - Padang (110 km).

Terkait dengan acara pem­bukaan, Raseno menjelaskan bahwa sudah ditetapkan di Pai­nan pada tanggal 2 Oktober. “Acara pembukaan pada malam hari yang dihadiri Menteri Pari­wisata dan paginya langsung start etape pertama dari Painan - Padang Pariaman,” jelas Raseno.

Ditetapkannya Painan seba­gai tuan rumah untuk acara pembukaan diakui Raseno ma­sih menemui ada beberapa ma­salah, terutama masalah pe­ngi­napan karena terbatasnya hotel yang ada di Painan.

“Untuk mengatasi masalah ini, kami dari Kementerian Pa­riwisata sedang melakukan koor­dinasi dengan pihak Pelni dalam pengadaan kapal sebagai hotel terapung. “Kapal itu khusus nantinya digunakan sebagai pe­nginapan atlet atau pebalap,” jelas Raseno.

Hadiah TdS tahun 2015 me­ningkat dibanding TdS 2014 yang berjumlah Rp1,3 miliar.

TdS 6 2014 diikuti 18 tim dari 23 negara Indonesia, Malaysia, Tunisia, Selandia Baru, Thailand, Australia, Iran, Singapura, Ar­gentina, Spanyol, Taiwan, Uni Emirat Arab, Brunei Darus­salam, Belanda, Korea Selatan, Amerika Serikat, Uzbekistan, Mongolia, Inggris, Filipina, Ma­roko, Moldova dan Jepang.

Adanya TdS akan semakin memperkuat popularitas Su­matera Barat  sebagai salah satu distinasi wisata favorit.  (h/sam)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]