Izin Menggantung di Kemenhub


Selasa, 04 Agustus 2015 - 19:10:25 WIB

Kepala Dinas Per­hu­bu­ngan Komunikasi dan In­formatika Sumbar, Amran menuturkan, izin peng­ak­tifan kembali rute pe­ner­bangan Padang – Si­nga­pura masih tergantung di Kemenhub.

“Kita rencanakan pem­bukaan dilakukan pada tang­gal 10 Agustus, namun izin­nya masih menunggu dari Kementrian Perhubungan. Kementerian Perhubungan masih menghentikan pem­bukaan rute baru, namun Padang - Singapura bukan rute baru, tapi rute lama yang diaktifkan lagi,” kata Amran kemarin.

Sebelumnya maskapai penerbangan Air Asia telah bersedia untuk melayani rute tersebut dan tinggal me­nunggu kepastian izin dari Kemenhub. Direncanakan untuk tahap awal, maskapai akan melayani tiga pe­ner­bangan seminggu. Jika me­ngun­tungkan, akan di­eva­luasi kembali.

Menurutnya, yang paling penting adalah pengaturan waktu penerbangan dari Si­ngapura - Padang dan Pa­dang - Singapura agar bisa lebih menguntungkan. Pada saat rute ini dilayani oleh Maskapai Mandala kata Amran, waktu pe­nerbangan sangat tidak nyaman bagi wisatawan dari Singapura karena jadwal penerbangan dari Singapura - Padang sudah malam.

“Sementara jadwal dari Padang - Singapura sangat pagi sekitar pukul 4.00 WIB dini hari. Sekarang, kita akan coba ubah jadwal pe­ner­­bangan ini,” ucap Amran.

“Air Asia akan mengatur waktu yang prospek untuk penerbangan Padang-Si­ngapura,” paparnya.

Air Asia juga memiliki padok (kandang) khusus di Cangi, Singapura yang me­­ri­ngankan biaya ope­rasional dibanding Man­dala harus mengeluarkan biaya inap pesawat di Cangi jika tidak kembali terbang ke Padang.

“Jadi untungnya Air Asia, dia tidak me­nge­luar­kan biaya tambahan untuk inap pesawatnya di Cangi,” ujar Amran. (h/mg-isr)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]