Dishub Kominfo tak Mampu Tertibkan Truk Parkir


Selasa, 04 Agustus 2015 - 19:18:51 WIB
Dishub Kominfo tak Mampu Tertibkan Truk Parkir

Kepala Dishub Ko­m­info, Rudy Rinaldy melalui Kepala Bidang Operasional (Kabid OP) Bahar Roesi kepada Haluan mengatakan, mulai dari pendekatan per­suasif hingga tindakan tegas telah dilakukan oleh Dishub Kominfo, tapi nyatanya ma­sih banyak sopir truk yang tak mengindahkan aturan yang ditetapkan pada Perda No. 4 tahun 2007.

Baca Juga : Di Padang, 42 Kawasan Ini Tak Boleh Menggelar Salat Ied di Masjid dan Lapangan

“Kami telah lakukan pe­n­dekatan dan sosialisasi, pemasangan rambu larangan parkir, bahkan sampai tin­da­kan berupa penilangan dan pencabutan plat nomor ke­n­daraan yang melanggar. Tapi, nyatanya memang ma­sih ba­ny­ak yang melanggar dan tidak memikirkan ke­se­la­ma­tan pengguna jalan lain­nya,” kata Bahar menyayangkan.

Bahar juga me­nerangkan, be­r­bagai alasan di­kemu­ka­kan pengemudi truk yang kedapatan memarkir ken­daraannya di bibir jalan. Mulai dengan alasan jarak yang jauh dari terminal ang­kutan barang, hingga alasan klasik, seperti berhenti se­ben­tar untuk suatu keperluan.

Baca Juga : Mantap! Rutan Anak Aia Padang Bagikan Baju Lebaran untuk WBP

“Kami akan perketat lagi aturan ini. Koordinasi intens terus kami bangun dengan pihak kepolisian, sampai ke tingkat polsek di wilayah tertentu, yang sering ditemui truk parkir sembarangan, seperti Polsek Koto Tangah, Lubuk Kilangan (Luki) dan Kuranji. Untuk sekarang dengan Polsek Kuranji,” terangnya lagi.

Wen (44), salah seorang sopir truk yang ditemui di kawasan Tanjung Sabar me­ngatakan, ia cukup sering memarkir truk di dekat rumahnya yang berada di kawasan Tanjung Sabar. Be­berapa kali ia mengaku pernah mendapat teguran untuk memindahkan truk ke Terminal Angkutan Barang (TAB) Koto Lalang.

“Kalau ditilang belum pernah, tapi beberapa kali pernah ditegur petugas. Ala­san saya memarkir ken­dara­an di dekat rumah karena lokasi TAB yang cukup jauh di Koto Lalang, Bandar Bu­at. Sehingga jika me­nin­g­galkan kendaraan di sana saya agak was-was dan harus menggunakan kendaraan umum untuk pulang ke ru­mah,” katanya. (h/mg-isq)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]