MUI Putuskan BPJS Kesehatan tak Haram


Selasa, 04 Agustus 2015 - 19:23:00 WIB

“Kami semua telah me­nyepakati keputusan, serta mengklarifikasi isu-isu yang berkembang di masyarakat,” kata Firdaus ketika jumpa pers di Jakarta, Selasa (4/8/2015).

Beberapa keputusan ter­sebut adalah, pertama telah dicapai kesepahaman para pihak untuk melakukan pem­­bahasan lebih lanjut terkait dengan putusan dan rekomendasi Ijtima’ Ulama komisi Fatwa MUI se-Indo­nesia tentang pe­nye­leng­garaan Jaminan Kesehatan Nasional oleh BPJS Ke­sehatan, dengan membentuk tim bersama yang terdiri dari BPJS Kesehatan, MUI, Pe­merintah, DJSN dan OJK.

Kedua, rapat ber­se­pa­ham bahwa di dalam ke­putusan dan rekomendasi Ijtima’ Ulama Komisi Fatwa MUI se-Indonesia tentang Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional oleh BPJS Kesehatan, tidak ada kosa kata ‘Haram’.

Kemudian, masyarakat diminta tetap mendaftar dan tetap melanjutkan ke­peser­taanya dalam program Jami­nan Kesehatan Nasional yang diselenggarakan BPJS Kesehatan.

Dan selanjutnya perlu adanya penyempurnaan ter­hadap program JKN sesuai dengan nilai-nilai syariah untuk memfasilitasi masya­rakat yang memilih program sesuai dengan syariah.

“Langkah selanjutnya akan diproses oleh tim yang su­dah dibentuk,” kata Firda­us.

Sebelumnya, MUI me­ngeluarkan fatwa haram pada BPJS terkait indikator bunga, dan mengusulkan untuk mengadakan BPJS kesehatan syariah pada pemerintah.

Sementara itu Direktur Utama BPJS Kesehatan Fahmi Idris mengatakan hingga saat ini BPJS Kese­hatan masih menjadi satu kesatuan, sebelum adanya putusan dari tim bersama.

“Adapun nanti BPJS Ke­sehatan Konvensional atau syariah itu nanti dari hasil kajian tim bersama, saat ini masih menjadi satu serta tetap dilaksanakan,” tutur Fahmi. (h/inl)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 26 Juni 2020 - 13:36:12 WIB

    Diam-Diam AHY Temui Jokowi dan Ma'ruf Amin

    Diam-Diam AHY Temui Jokowi dan Ma'ruf Amin HARIANHALUAN.COM - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengakui telah bertemu Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin sebelum melakukan safari politik. Di mana hari ini, dia mengunjungi K.
  • Selasa, 25 Februari 2020 - 22:33:07 WIB

    Temui Staf Khusus Presiden, Eka Wahyu Dorong Usulan Pembangunan di Sawahlunto

    Temui Staf Khusus Presiden, Eka Wahyu Dorong Usulan Pembangunan di Sawahlunto SAWAHLUNTO,HARIANHALUAN.COM - Keterikatan secara partai, dimanfaatkan oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Sawahlunto Eka Wahyu yang juga kader terbaik Partai Keadilan Persatuan Indonesia (PKPI) untuk menyamb.
  • Kamis, 14 November 2019 - 17:29:41 WIB

    MUI Bela Ahok Jadi Bos BUMN? Ini Penjelasan Sekjen MUI

    MUI Bela Ahok Jadi Bos BUMN? Ini Penjelasan Sekjen MUI JAKARTA, HARIANHLUAN.COM - Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas mengatakan tidak masalah jika mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnamo alias Ahok menjadi bos di salah satu perusahaan BUMN. Me.
  • Kamis, 24 Oktober 2019 - 11:07:43 WIB

    Gibran Rakabuming akan Temui Megawati Siang Ini, Terkait Pilwako Solo?

    Gibran Rakabuming akan Temui Megawati Siang Ini, Terkait Pilwako Solo? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka akan menemui Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri di kediaman pribadinya, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta, Kamis (24/10)..
  • Senin, 14 Oktober 2019 - 22:48:13 WIB

    Ada Apa..? Giliran Cak Imin Ditemui Prabowo Malam Ini

    Ada Apa..? Giliran Cak Imin Ditemui Prabowo Malam Ini JAKARTA,HARIANHALUAN.COM- Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto bertemu dengan Ketua Umum Partai PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin). .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]