MUI Putuskan BPJS Kesehatan tak Haram


Selasa, 04 Agustus 2015 - 19:23:00 WIB
MUI Putuskan BPJS Kesehatan tak Haram

“Kami semua telah me­nyepakati keputusan, serta mengklarifikasi isu-isu yang berkembang di masyarakat,” kata Firdaus ketika jumpa pers di Jakarta, Selasa (4/8/2015).

Baca Juga : Partai Golkar Satu Suara Usung Airlangga Hartarto Jadi Capres

Beberapa keputusan ter­sebut adalah, pertama telah dicapai kesepahaman para pihak untuk melakukan pem­­bahasan lebih lanjut terkait dengan putusan dan rekomendasi Ijtima’ Ulama komisi Fatwa MUI se-Indo­nesia tentang pe­nye­leng­garaan Jaminan Kesehatan Nasional oleh BPJS Ke­sehatan, dengan membentuk tim bersama yang terdiri dari BPJS Kesehatan, MUI, Pe­merintah, DJSN dan OJK.

Kedua, rapat ber­se­pa­ham bahwa di dalam ke­putusan dan rekomendasi Ijtima’ Ulama Komisi Fatwa MUI se-Indonesia tentang Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional oleh BPJS Kesehatan, tidak ada kosa kata ‘Haram’.

Baca Juga : Perkuat Infrastruktur Digitalisasi Partai, Anis Matta Resmikan Gelora Media Centre

Kemudian, masyarakat diminta tetap mendaftar dan tetap melanjutkan ke­peser­taanya dalam program Jami­nan Kesehatan Nasional yang diselenggarakan BPJS Kesehatan.

Dan selanjutnya perlu adanya penyempurnaan ter­hadap program JKN sesuai dengan nilai-nilai syariah untuk memfasilitasi masya­rakat yang memilih program sesuai dengan syariah.

“Langkah selanjutnya akan diproses oleh tim yang su­dah dibentuk,” kata Firda­us.

Sebelumnya, MUI me­ngeluarkan fatwa haram pada BPJS terkait indikator bunga, dan mengusulkan untuk mengadakan BPJS kesehatan syariah pada pemerintah.

Sementara itu Direktur Utama BPJS Kesehatan Fahmi Idris mengatakan hingga saat ini BPJS Kese­hatan masih menjadi satu kesatuan, sebelum adanya putusan dari tim bersama.

“Adapun nanti BPJS Ke­sehatan Konvensional atau syariah itu nanti dari hasil kajian tim bersama, saat ini masih menjadi satu serta tetap dilaksanakan,” tutur Fahmi. (h/inl)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]