Pemko Serahkan Alat dan Mesin Pertanian untuk Gapoktan


Rabu, 05 Agustus 2015 - 19:07:11 WIB

“Keterbatasan lahan per­tanian di Bukittinggi tidak mengurangi perhatian Pem­ko Bukittinggi terhadap keber­langsungan Sektor Per­­tanian. Hal ini dibuk­tikan dengan banyaknya ban­tuan yang diberikan ke­pa­da Gapoktan, baik ban­tuan yang berasal  dari pe­me­rintah pusat, provinsi maupun kota,” ujar Ismet.

Menurut Ismet, untuk ta­hun anggaran 2015, Ga­pok­tan yang ada di Bu­kit­tinggi ber­hasil mendapatkan dua ka­li periode batuan dari Ke­menterian Pertanian. Ban­­tuan yang didapat itu be­rupa ban­tuan perbaikan dan pe­ning­katan jaringan irigasi un­tuk tiga Gapoktan dan pe­ngem­bangan optima­lisasi la­han untuk 32 Gapok­tan. Ser­ta bantuan berupa Alsin­tani.

“Meskipun lahan per­tanian di Bukittinggi hanya tinggal 389 Ha, namun itu tidak menjadi alasan bagi pemerintah daerah untuk tidak berperan serta dalam program swasembada pa­ngan. Komitmen ini  juga di­buk­tikan dengan pen­ca­na­nagan Bukittinggi dalam upa­ya pencapaian swa­sem­bada pada 20 Januari lalu,” kata Ismet.

Dengan keterbatasan la­han pertanian yang dimiliki Bukittinggi, Ismet me­ngim­bau seluruh masyarakat un­tuk sama-sama menjaga dan tetap mempertahan lahan pertanian yang tersebar pa­da tiga kecamatan yang ada di Bukittinggi.

“Banyaknya terjadi alih fungsi lahan pertanian men­jadi perumahan atau ruko, menjadi alasan utama sema­kin berkurangnya lahan per­tanian di Bukittiinggi. Hal ini lah yang harus disikapi masyarakat secara bijak. Karena ketersediaan lahan pertanian sangat ber­pe­nga­ruh dalam usaha menjaga ketahanan pangan di kota kita,” pungkas Ismet.

Kepala Dinas Pertanian Bu­kittinggi, Melwizardi me­­­­nga­­­takan, peningkatan pro­duk­si pertanian dapat dila­ku­kan dengan me­ning­katkan in­deks pertanaman (IP) dan pro­duktivitas. Saat ini, IP Kota Bukittinggi men­capai angka 2 dengan pro­duktivitas rata-rata sebe­sar 6.3 ton per Ha.

Untuk semakin memacu IP dan produktivitas salah satu strategi yang dapat dilakukan adalah per­cepa­tan pengolahan tanah dan penanaman secara serentak melalui pemanfaatan alat dan mesin pertanian. “De­ngan bantuan Alsintani diha­rapakan para gapoktan dapat melakukan percepatan pe­ngo­lahan tanah dan mela­kukan penanaman secara serentak,” jelasnya. (h/tot)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]