Nasrul Abit Dilaporkan ke Bawaslu Sumbar


Rabu, 05 Agustus 2015 - 19:19:21 WIB
Nasrul Abit Dilaporkan ke Bawaslu Sumbar

“Hal ini dibuktikan ber­dasarkan pantauan dan fakta yang terjadi serta dukungan kuat oleh berita dari media cetak dan investigasi yang dilakukan di lapangan. Serta dibuktikan dengan pem­beritaan situs resmi peme­rintah Kabupaten Pesisir Selatan. Dalam pemberitaan tersebut NA telah mela­kukan pengangkatan dan pengantian pejabat dalam rentang waktu enam bulan sebelum masa jabatannya berahir yakni 17 September 2015,” tegasnya.

Baca Juga : Di Padang, 42 Kawasan Ini Tak Boleh Menggelar Salat Ied di Masjid dan Lapangan

Menurut Roni, per­bua­tan Nasrul Abit tersebut melanggar Undang-undang Nomor 8 tahun 2015 tentang perubahan UU Nomor 1 tahun 2015 tentang pene­tapan peraturan pe­me­rin­tah pengganti UU nomor 1 ta­hun 2014 tentang pemi­lihan gubernur, bupati, dan walikota pasal 71 ayat (2) yang berbunyi petahana dilarang melakukan peng­gantian pejabat enam bulan sebelum masa jabatannya berakhir.

Sedangkan pasal 71 ayat 4 berbunyi, dalam hal petahana melakukan se­bagaimana dimaksud da­lam ayat 2 dan 3, petahana dikenakan sanksi pem­batalan sebagai calon oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar atau KPU kabupaten kota.

Baca Juga : Mantap! Rutan Anak Aia Padang Bagikan Baju Lebaran untuk WBP

Menurutnya, apabila pencalonan NA tetap dite­rima dan diteruskan seba­gai calon wakil gubernur oleh KPU, maka pe­mi­lihan kepala daerah akan menjadi cacat hukum, dan dinilai sangat beresiko bagi pemerintah daerah dan masyarakat Sumbar.

“Kami sangat yakin dan percaya bahwa sekecil apa­pun pelanggaran apalagi pelanggaran terhadap UU, Bawaslu akan me­nin­dak­lan­juti sesuai dengan keten­tuan yang berlaku,” ujarnya.

Terpisah, Ketua Bawaslu sumbar Elly Yanti me­nga­takan sudah membaca lapo­ran yang masuk terkait du­gaan pelanggaran yang dila­kukan oleh Nasrul Abit. Da­lam rentang waktu lima hari ke depan Bawaslu sudah ha­rus memutuskan dan me­nge­luarkan hasil untuk laporan tersebut.

“Yang jelas dalam waktu lima hari ini kami sudah ada keputusan untuk NA. Dalam lima hari ini termasuk da­lamnya pemeriksaan do­ku­men, klarifikasi, dan pleno,” ujarnya.

Elly menambahkan, kika memang terbukti NA mela­kukan pelanggaran UU se­per­ti yang diadukan, ber­ke­mung­kinan Bawaslu akan mem­batalkan pencalonan NA dan keikutsertaannya pada Pil­kada yang akan dise­leng­garakan pada 9 De­sember 2015 mendatang.  (h/mg-rin)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]