18 Jurnalis Turki Didakwa Sebarkan Propaganda Teroris


Rabu, 05 Agustus 2015 - 19:20:48 WIB
18 Jurnalis Turki Didakwa Sebarkan Propaganda Teroris

Para jurnalis itu diadili terkait foto para militan menodongkan senjata api ke kepala jaksa Istanbul, Mehmet Selim Kiraz, yang kemudian tewas dalam baku tembak. Foto itu telah menyebar luas di internet. Otoritas Turki telah memerintahkan Facebook, Google dan situs-situs lainnya untuk menghapus foto tersebut.

Can Dundar, pemimpin redaksi surat kabar Cum­huriyet, salah satu dari 18 jurnalis yang diadili tersebut, mengatakan bahwa foto itu dimaksudkannya untuk menggambarkan wajah buruk dan kelam terorisme. Jaksa menuntut hukuman penjara mulai dari 18 bulan hingga 7,5 tahun dalam sidang dakwaan yang digelar Selasa, 4 Agustus waktu setempat.

Sebelumnya, Presiden Turki Tayyip Erdogan mengatakan pada Januari lalu, bahwa para jurnalis Turki lebih bebas dibandingkan jurnalis manapun di Eropa. Namun otoritas Turki belakangan makin sering menggunakan hukum antiterorisme untuk mengadili para wartawan. Bahkan puluhan wartawan masih menjalani proses hukum karena memberitakan skandal korupsi yang mencuat di sekitar lingkaran dalam Erdogan pada Desember 2013. (h/dtc)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]