Presiden Tolak Terbitkan Perppu Pilkada


Rabu, 05 Agustus 2015 - 19:24:55 WIB
Presiden Tolak Terbitkan Perppu Pilkada

Presiden Jokowi mengatakan, dari hasil per­temuan­nya dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sudah diputuskan adanya pengunduran masa pendaftaran pilkada serentak.

Baca Juga : Survei IPO: AHY Masuk Lima Besar Tokoh Potensial di Pilpres 2024, Anies Teratas

“Ini ada tambahan dari KPU agar diundur tujuh hari. Kita melihat tujuh hari itu. Dulu saya sudah mengingatkan waktu ada 13 daerah yang calon tunggal, terus turun jadi separuh, benarkan. Ini pasti akan turun lagi,” terangnya.

Terkait kapan pelaksana waktu tujuh hari tambahan tersebut, Presiden Jokowi menyerahkannya kepada KPU. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu enggan berandai-andai langkah apa yang akan diambil ketika masa penambahan waktu pendaftaran tersebut habis dan tidak ada penambahan pasangan calon yang mendaftar ikut pilkada. “Nanti dulu dilihat. Ini berhubungan dengan partai-partai agar ada calon yang bisa dimunculkan. Mereka akan mengusulkan calon-calon yang ada di sana,” ujarnya.

Baca Juga : Pakar Analisis Ucapan Moeldoko 'Diperintah Jokowi': Tak Ubahnya Unjuk Kekuatan

“KPU menyampaikan kepada ketua-ketua partai agar daerah-daerah yang masih bagus calonnya, akan mencalonkan calon lain. Seperti Bolaang Mongondow tidak ada calon sama sekali, sekarang ada. Nyatanya ada dua atau tiga calon,” imbuhnya. (h/okz)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]