MGMP TIK Pasaman Wakili Sumbar ke Nasional


Kamis, 06 Agustus 2015 - 18:42:45 WIB
MGMP TIK Pasaman Wakili Sumbar ke Nasional

Rencananya, MGMP TIK Kabupaten Pasaman tersebut bakal menerima bantuan dana blockgrant guna melaksanakan kegiatan Desiminasi Bimbingan Tek­nis Pengembangan IT bagi guru SMA se Kabupaten Pasaman. Hal itu disam­paikan oleh Ketua MGMP TIK Kabupaten Pasaman, Febri, kepada Haluan, Ka­mis kemarin, di Lubuk Sika­ping.

Baca Juga : Penyekatan Dimulai, Ratusan Kendaraan Diputarbalik Saat Hari Pertama

Menurut Febri, kegiatan desiminasi ini sebagai ama­nah yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan, Direktorat Pendidikan Me­ne­ngah, yang akan dilak­sanakan di Lubuk Sikaping. Desmininasi Bimbingan Tek­nis tersebut menghadir­kan narasumber yang kom­pe­ten di bidangnya berasal dari akademisi (dosen), Instruktur Nasional Kuri­kulum 2013 dari Padang dan narasumber yang ikut Bim­tek di Bali.

“Kita berharap, pela­tihan dan desiminasi dapat memberikan pemahaman dan pendalaman ilmu TIK pada para guru, khususnya untuk guru TIK. Selain itu, dengan adanya kegiatan ini para guru yang mendapat kesempatan mengikuti pela­ti­han dapat berbagi ilmu danbertukar pengalaman dengan guru mata pelajaran lain nantinya di sekolah masing-masing,” ujarnya.

Baca Juga : Pascalarangan Mudik, Dua Maskapai Ini masih Beroperasi di BIM

Tujuan pembelajaran IT bagi guru, kata Febri, untuk menyadarkan guru akan po­tensi perkembangan tekno­logi informasi dan  komu­nikasi yang terus beru­bah sehingga siswa dapat ter­motivasi untuk menge­valuasi dan mempelajari Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai dasar untuk belajar sepanjang ha­yat.

Selain itu, pelajaran TIK dapat memotivasi kemam­puan guru untuk bisa bera­dap­tasi dan mengantisipasi perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, sehingga siswa bisa melak­sanakan dan menjalani akti­vitas kehidupan sehari-hari secara mandiri dan lebih percaya diri, mengem­bang­kan kompetensi guru dalam menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi, mengembangkan ke­mam­puan belajar berbasis Tekno­logi Informasi dan Komu­nikasi, dan mengembangkan kemampuan belajar man­diri, berinisiatif, inovatif, kreatif, dan ber­tanggung­jawab dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk pem­belajaran, bekerja, dan peme­cahan masalah.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Dua Koto, Efriedi, mengaku bangga dengan prestasi yang diperoleh oleh MGMP TIK tersebut. Dengan diadakan­nya desiminasi ini ia juga berharap dapat lebih mem­berikan pemahaman kepada guru dan saling berbagi ilmu dengan guru yang lain, se­hing­ga memberikan nilai positif nantinya dalam pe­ningkatan mutu pem­bela­jaran.

Sejalan dengan itu, Kepa­la Dinas Pendidikan Pasa­man yang diwakili oleh Sek­re­taris Dinas Pendidikan Emdison menyebutkan, TIK tidak hanya di dalam pembelajaran, dalam kehi­dupan kita tidak terlepas dari pemanfaatan teknologi.

Dalam kegiatan bimtek IT ini kita berusaha me­ngem­bangkan proses pem­belajaran di SMA ber­basis­kan TI. Salah satu unsur penunjang IT adalah per­siapan perangkat pem­bela­jaran berbasis multi­media dan pembelajaran berban­tuan komputer.

Desiminasi pengem­ba­ngan IT bagi guru SMA se Kabupaten Pasaman dise­lenggarakan di Aula Dinas Pendidikan Kab. Pasaman yang dimulai tanggal 03 Agustus 2015 hingga 06 Agustus 2015, untuk peserta berasal dari seluruh SMA yang ada di Kab. Pasaman, dengan jumlah 30 orang peserta. (h/tos).

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]