Smartfren Perkenalkan Aplikasi SiPINTER


Kamis, 06 Agustus 2015 - 18:43:20 WIB
Smartfren Perkenalkan Aplikasi SiPINTER

Selain mendukung so­lusi untuk pembinaan teri­torial di Kodam IV Dipo­negoro, SiPINTER juga mam­pu mensinergikan pe­ran petugas Dinas Pertanian, PPL dan Babinsa dilapa­ngan melalui kordinasi seca­ra terpadu, dan terintegrasi. SiPINTER berisi fitur-fitur yang berisi menu pelaporan, komando, data dan mapping, dan operasi khusus. Terkait dengan pertanian, Si­PIN­TER akan menjadi alat ban­tu bagi setiap Babinsa yang bertugas di wilayah untuk melaporkan hasil kegia­tannya. Seperti diketahui, program swa sembada pa­ngan telah dicanangkan oleh Presiden RI dan Panglima TNI telah memerihtahkan jajaran TNI AD untuk ber­peran aktif dalam program tersebut.

Baca Juga : Arab Saudi Tegaskan Belum Ada Instruksi Resmi tentang Haji Tahun Ini

“Pertanian berkaitan erat dengan ketahanan pangan, oleh karena itu harus men­dapatkan perhatian khusus, tak hanya dari pemerintah, tapi juga melibatkan peran swasta dan masyarakat. G­u­na membantu produktivitas pertanian, Smartfren meng­hadirkan SiPINTER. Lebih menarik lagi, SiPINTER juga berisikan berbagai fitur-fitur yang dapat menjadi alternatif bagi sistem komu­nikasi dan komando secara taktis bagi anggota Babinsa ,” ujar Merza Fachys, Presi­den Direktur PT Smartfren Telecom, dalam siaran pers­nya, Kamis (6/8).

Sebagai aplikasi yang mendukung tugas teritorial Kodam, SiPINTER diran­cang dengan beberapa ke­ung­gulan, diantaranya ber­basis teknologi mobile se­hingga bersifat personal (melekat pada anggo­ta), memiliki kemampuan un­tuk mendeteksi posisi dan pergerakan anggota, me­miliki kemampuan untuk memetakan potensi wilayah, sarana alternatif bagi ko­munikasi dan komando se­ca­ra langsung, massal dan terarah. Dan bagi sesama Babinsa dapat melakukan telpon gratis.

Baca Juga : 'Tsunami' Covid-19 India Makin Menggila, Anak Muda yang Meninggal Semakin Banyak

“Aplikasi SiPINTER sudah berjalan sejak lama di Kodam Diponegoro, ini adalah buah dari kerjasaman antara Smartfren dengan beberapa pihak. Dan Si­PINTER sejauh ini mampu beroperasi optimal dengan kemampuan mengirim data berupa gambar dan video secara real time. Terlebih lagi dukungan jangkauan sinyal yang luas dari Smart­fren, dan nantinya adopsi 4G LTE akan sangat mem­bantu,” kata Merza Fachys.

Semua fungsi Si­PIN­TER dapat dengan mudah dimonitor dan dikendalikan melalui Command Center (Pusat Kendali Operasi) yang berada di Makodam, Makorem, dan Makodim. Bahkan jika diperkukan Command Center dapat di­ha­dirkan secara mobile. Sistem keamanan data tak luput dari perhatian, Si­PINTER dibekali dengan berlapis sistem keamanan, mulai dari device level secu­rity, mobile app security, web app security, dan data layer security.

Secara khusus, database terkait SiPINTER ditem­patkan di fasilitas data center teraman di Indonesia. De­ngan sistem keamanan ter­jaga 24 jam penuh, solusi SiPINTER juga dilengkapi backup/mirroring di tiga lokasi server terpisah seba­gai mitigasi risiko bencana alam. Sementara dari sisi device, digunakan jenis BA­BINSA-100, smartphone khusus Babinsa di jajaran Kodam IV Diponegoro ini menggunakan platform seri Andromax C3.  (h/rel)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]