Beritakan Pungli di LP, Wartawan Diteror


Kamis, 06 Agustus 2015 - 18:47:48 WIB
Beritakan Pungli di LP, Wartawan Diteror

“ Salah seorang warta­wan yang tergabung di PWI Agam, Al Amin Wartawan Pos Metro Padang sudah melaporkan kejadian ini kepada PWI Agam sebagai induk organisasi wartawan. PWI Tidak Akan mem­bira­kan anggotanya diteror, atau pun diintimidasi terkait masalah pemberitaan. Kasus ini bisa kami perpanjang, sampai ke ranah hukum,” kata Anizur.

Baca Juga : Menara Masjid Raya Sumbar jadi Daya Tarik Baru Wisatawan

Menurutnya, sejauh ini PWI Agam sudah mulai mencium siapa dalang di balik teror yang dilakukan tersebut, kepada Al Amin. Sangat salah jika sekiranya pihak tersebut bakal, dibiar­kan saja melakukan per­buatan itu kepada salah seorang wartawan. “ PWI akan pantau pelaku pene­roran ini, kita akan lihat, apabila sudah dipastikan, kita bakal tuntut secara hukum,” katanya.

Ia menilai tidak ada yang salah, dari pemberitaan yang dilakukan oleh Al Amin. Ia hanya berupaya me­ngung­kap bagaimana terjadinya pungutan liar yang diduga melibatkan pentinggi LP Padang Langsano, Lubuk Basung, kepada para warga binaan yang akan berpindah tempat dari ruangan pe­ngenalan lingkungan, ke ruang masa pembinaan.

Baca Juga : Antisipasi Penyebaran Covid-19 Saat Lebaran, Nagari Sinuruik Pasaman Barat Dirikan Posko dan PPKM Mikro

Dikatakan Anizur, teror dilakukan kepada berupa, SMS, maupun telepon, di antaranya yang berbunyi, “rumah waang aden tahu, dima ang bamain den tahu, dari jalan pulang ang kami tahu”. Menurut Anizur, ancaman tersebut sangat ditangapi serius oleh PWI Kabupaten Agam. Ia me­minta pihak yang malukan hal itu berpikir ulang bakal jika berniat melakukan per­buatan yang tidak menye­nangkan, atau perlakuan kriminal kepada wartawan.

Dikatakan Anizur, Ling­kungan LP kelas II B Padang Langsano, memang sangat patut ditinjau oleh Ke­men­trian Hukum dan Hak Azazi Manusia, (Kemen­kum HAM) Sumbar. Beberapa waktu lalu juga terjadi pe­ngeroyokan kepada salah seorang tahanan titipan ha­kim yang diduga atas suru­han Petinggi lapas karena korban pengeroyokan ter­sebut ditubuh mem­bocor­kan Informasi Pungli di lapas. Bahkan lebih parah lagi, beberapa waktu silam polisi mengamankan be­berapa Kg ganja di halaman LP yang diduga bakal di­edarkan didalam.

Sementara itu Ketua Ko­misi I DPRD Agam, Feri Adrianto menyayangkan jika ada oknum yang mela­kukan perbuatan semcam itu. Dikatakannya, sekarang adalah era keterbukaan In­for­masi, sudah tidak za­mannya lagi, ancam me­ngancam. Apabila tidak senang, hadapi dengan baik-baik. Bukan dengan mela­kukan teror, maupun per­buatan aniaya, yang me­langgar hukum. (h/yat)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]