Bawaslu Sebut Belum Ada Pelanggaran pada Baliho


Kamis, 06 Agustus 2015 - 19:00:10 WIB
Bawaslu Sebut Belum Ada Pelanggaran pada Baliho

Pemandangan yang me­ng­ganggu keindahan mata dan ada yang tidak pada tempatnya tersebut belum bisa dikategorikan sebagai pelanggaran kampanye. Ka­rena belum ada aturan khu­sus yang melarangnya se­hingga pihak KPU dan Ba­was­lu tidak bisa berbuat banyak.

Baca Juga : Waspada, Ditemukan Rhodamin B di Cendol Delima Pasar Bandar Buat Padang

Ketua Bawaslu Sumbar Elly Yanti, pada tahapan belum ditetapkannya nama-nama di baliho tersebut se­bagai calon oleh KPU, be­lum bisa disebut pelang­garan.  “Definisi kampanye itu adalah penyampaian, visi, misi dan program pasangan calon. Ada subjek hukum nya, yaitu pasangan calon yang telah ditetapkan oleh KPU, dan saat ini belum ditetapkan. Kemudian ada masa kampanye, yaitu tiga hari setelah penetapan,” jelas­nya, Kamis (6/8).

Ia juga mengatakan bah­wa, sesuai peraturan, untuk alat peraga kampanye akan diadakan oleh KPU sendiri. Jadi setelah penetapan, ma­ka pasangan calon tidak mempunyai hak untuk me­masang alat peraga lagi.

Baca Juga : Di Tengah Guyuran Hujan, Wako Hendri Septa Jemput Keluarga Penerima Bedah Rumah

“Pasal itu menjadi hidup jika sudah ditetapkan, saat ini kita tidak bisa meng­kate­gorikan itu sebagai pe­lang­garan,” ulasnya. Terkait de­ngan keadaan baliho yang menjamur tersebut, dirinya menilai hal itu bisa dikaji dengan menyangkut kein­dahan kota, mengenai ke­tertiban umum.

“Regulasi yang bisa di­ke­n­akan adalah peraturan daerah masing-masing, itu kajiannya sebenarnya pe­merintah daerah masing-masing. Namun Perda itu tidak menjadi acuan Panwas untuk meindaklanjuti,” sam­bungnya. Namun begitu, pihaknya telah meminta masing-masing Panwaslu untuk memberi imbauan ke masing-masing pemerintah daerah untuk menertibkan baliho-baliho yang saat ini terpasang sebelum pene­tapan pasangan calon.  “Setalah penetapan, baru bisa kita rekomendasikan jika masih ada,” pungkasnya. (h/mg-rin)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]