DPRD Pastikan Kekurangan Anggaran Pilkada Bisa Ditutupi


Kamis, 06 Agustus 2015 - 19:01:43 WIB
DPRD Pastikan Kekurangan Anggaran Pilkada Bisa Ditutupi

”Dana untuk Pilkada ini, tak harus menunggu APBD Perubahan. Kalau­pun nanti APBD Perubahan tertunda, berapapun yang dibutuhkan, bisa dipenuhi,” ujar Arkadius.

Baca Juga : Perkembangan Kasus Covid-19 di Kota Padang, Kadinkes: Mendekati Zona Kuning

Dikatakan, realisasi ang­garan itu bisa dilaksanakan yaitunya dengan cara KPU menyampaikan usulan ke­pada Gubernur dan Gu­bernur meminta persetujuan dewan.  Sesuai rencana, DPRD menargetkan peneta­pan APBD Perubahan awal Oktober mendatang, agar semua kebutuhan dana yang belum ada dapat ditampung pada APBD perubahan.

”Hanya saja dalam hal ini kita juga ingatkan KPU  jangan sampai dalam me­nyusun usulan  terjadi dup­likasi penganggaran. Jika masalah kekurangan akan  kita upayakan,” jelas Ar­kadius.

Baca Juga : Sidak ASN Pemko Padang, Arfian: Tingkat Kehadiran Mencapai 99 Persen 

Sekaitan dengan ini, dari total kebutuhan dana Rp102,7 miliar yang sudah disusun KPU, baru Rp45 miliar yang baru dikucurkan melalui APBD dan  bisa digunakan. Sedangkan sisa­nya Rp57,7 miliar lagi masih menunggu proses pe­ngang­garan oleh Pemprov ber­sama DPRD Sumbar.

Sebelumnya, Ko­misio­ner KPU Sumbar Divisi Logisitik dan Keuangan KPU Sumbar, Fikon me­nyatakan kekhawatiran atas lambatnya penetapan APBD-P. Itu dinilai bakal menghambat kucuran dana Pilkada. Ia menyebut KPU sangat butuh uang ratusan miliar tersebut, guna di­pakai untuk honorarium Rp28,3 miliar, uang lembur Rp7,7 miliar. Lalu, biaya untuk pembelian dan pe­ngadaan barang dan jasa yang mencapai Rp66,3 m­i­liar.  (h/mg-len)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]