Sebagian Besar Cakada Belum Lengkapi Berkas


Kamis, 06 Agustus 2015 - 19:19:23 WIB
Sebagian Besar Cakada Belum Lengkapi Berkas

"Dari tanggal 4 hingga 6 Agustus 2015, hanya satu pasangan calon yang me­nyerahkan kelengkapan ber­kas atas nama Febby Dt Bangso-Zul Ifkar Rahim. Setelah diteliti, kami nyatakan berkas persyaratan pasangan itu telah lengkap," ujar Komisioner Divisi Teknis KPU Bukittinggi, Yasrul.

Baca Juga : Mahasiswa Demo Pemkab Pasaman Barat Tuntut Usut Polemik RS Ujung Gading

Empat cakada yang belum menyerahkan kelengkapan ber­kas itu adalah pasangan Taslim-Marfendi, Ramlan Nurmatias-Irwandi, Harma Zaldi-Rahmi Brisma, serta pasangan Ismet Amzis-Zulbahri Majid.

Sehari menjelang penutu­pan perbaikan berkas cakada, belum ada satupun pasangan bakal calon Walikota dan Wakil walikota Solok yang telah memenuhi persyaratan administrasi. Hal itu diungkapkan Ketua KPU Kota Solok,Budi Santosa di Solok,Kamis (6/8).

Baca Juga : Berkah Ramadan, Keluarga Besar ProKP Santuni Anak Yatim

Namun demikian, kata Budi, pihak KPU  yakin, di hari terakhir masa perbaikan, semua bakal calon akan bisa memenuhi semua per­syaratan itu. Rata-rata per ­syaratan yang belum terpenuhi itu tidak terlalu berat dan bisa diatasi dalam waktu dekat.

Budi Santosa mengatakan, kekurangan persyaratan admi­nistrasi bakal calon rata-rata menyangkut nama dan legalitas ijazah yang digunakan. Ada bakal calon memiliki nama berbeda antara di ijazah, KTP dan di formulir pendaftaran. Bagitu juga dengan legalitas ijazah, ada bakal calon yang menyerahkan foto copy ijazah dilegisir, akan tetapi tidak ada nomor registrasinya.

Sementara itu, Oyon, anggota Tim Sukses pasangan Ismael Koto-Jon Hendra mengatakan, pihaknya sudah melakukan per­baikan. Kekurangan persayaratan administrasi itu menyangkut nama Ismael Koto. Di ijazah hanya tertera Ismael, sementara di KPT  dan formulir pendaftaran tertera Ismael Koto.

"Sekarang  permasalahannya sudah selesai,dan sudah ada Surat Keputusan Pengadilan mengenai nama Ismael Koto dan surat keputusan itu sudah diserahkan ke-KPU,"kata Oyon.

Konsultasi Perbaikan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Agam, sampai H-1 masih belum menerima  per­baikan berkas persyaratan bakal calon Bupati dan wakil Bupati periode 2016-2021. Namun selu­ruh cakada, pada, Kamis (6/8) sudah melakukan komunikasi intensif dengan KPU terkait per­baikan berkas persyaratan.

Dua pasang bakal calon Bu­pati dan wakil bupati, yaitu Indra Catri-Trinda Farhan dan Irwan Fikri-Chairunas dipekirakan ba­kal melengkapi persyaratan pada hari terakhir batas perbaikan di KPU, Jumat sampai batas waktu paling lambat sekitar pukul, 16.00 WIB.

Divisi Teknis dan Perenca­naan KPU Kabupaten Agam, Eri Efen­di Syarif, Kamis (6/8) mengata­kan, melalui utusan masing-ma­sing cakada, KPU sudah berko­mu­nikasi, kemungkinan perbai­kan berkas akan diserahkan Jumat.

Jumlah pemilih sementara di Agam pada pilkada serentak 2015, lebih kurang 423.171 orang. Tetapi data tersebut bakal berubah setelah dilakukan pen­cocokan dan penelitian (coklit) data pemilih.

Sementara itu, KPU masih menunggu hingga hari ini per­lengkapan tentang persyaratan pasangan calon bupati dan wakil bupati Tanah Datar, berikutnya pada Sabtu 8 Agustus hingga 14 Agustus akan dilanjutkan dengan pemeriksaan berkas para calon bupati dan wakil bupati tersebut. " Pasangan bupati dan wakil bupati Syaherdam - Sultani telah me­ngantarkan kelengkapan per­syara­tannya," sebut Ketua KPU Tanah Datar, Arwin kepada Haluan (6/8).

Di Tanah Datar terdapat em­pat pasang calon, di antaranya Irdinansyah - Zuldafri Darma yang diusung Partai Golkar dan Nasdem, Syaherdam - Sultani diusung PKS dan Hanura, Edi Arman - Taufik Idris diusung Gerindra dan PAN,  kemudian pasangan Nelson Darwis - Muz­war diusung Partai PPP, De­mokrat dan PDI Perjuangan.

Cakada Pessel Sehat

KPU Pesisr Selatan menye­butkan, empat pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pesisir Selatan dinyatakan sehat jasmani dan dan rohani dan serta aman dan siap melaksanakan tugas sebagai Bupati dan Wakil Bupati Pesisir Selatan.

Ketua KPU Daerah Kabu­paten Pesisir Selatan Epaldi Bahar,Kamis (6/8) mengatakan, Tim Dokter Rumah Dakit M. Dja­mil Padang telah menge­luarkan surat yang dibutuhkan untuk pencalonan. Dipastikan keempat pasangnya tidak masalah. (h/wan/eri/yad/fma/har)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]