Masyarakat Diajak Konsumsi Pangan Lokal


Jumat, 07 Agustus 2015 - 20:08:27 WIB
Masyarakat Diajak Konsumsi Pangan Lokal

Menurut Ismet, sekarang ini masyarakat hanya tergiur dengan tampilan dan ke­masan produk impor yang lebih menarik. Padahal dari segi kualitas belum tentu produk luar lebih unggul dibandingkan produk lokal. Sebut saja dalam hal kesegaran makanan, produk lokal jauh lebih segar karena tidak melalui jalur distribusi yang panjang.

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Covid-19 di Sumbar: Positif 101, Sembuh 158, dan Meninggal Dunia 4 Orang

Kualitas pangan, tambah Ismet, merupakan hal yang harus diperhatian selu­ruh pihak. Karena keamanan dan kesegaran pangan sangat berpengaruh terhadap ting­kat kesehatan masyarakat. Dan pada akhirnya berpe­ngaruh pada produktifitas warga.

“Kepedulian terhadap kualitas pangan tidak bisa hanya dilakukan oleh pe­merintah. Karena wilayah pengawasan sangatlah luas dan melibatkan banyak pi­hak. Untuk itu kami meng­imbau peran aktif seluruh warga terutama kaum ibu yang berhubungan langsung dengan bahan pangan ter­sebut,” kata Ismet.

Baca Juga : Hasil Dua Operasi Polda Sumbar, Ratusan Tersangka Sudah Ditangkap

Sementara Kepala Kan­tor Ketahanan Pangan Bu­kit­tinggi Yetti Isra mengat­akan, untuk menjaga kua­litas pangan di kota Bukit­tingi, pihaknya secara rutin melaksanakan pemeriksaan laboratorium terhadap ba­han pangan yang mencu­rigakan.

Untuk tahun 2015, pi­hak­nya telah melakukan pemeriksaan terhadap tiga jenis buah yaiyu, apel me­rah, apel hijau dan anggur. Serta  tujuh jenis sayu­ran yang terdiri dari ken­tang, tomat, cabai, bawang merah, bawang putih dan kol yang dicurigai mengan­dung bahan berbahaya.

Baca Juga : Wabup Pasaman Sabar AS Minta PMI Jaga Ketersediaan Stok Darah

“Dari peme­riksa­an yang dilakukan, didapatkan ha­nya cabai dan tomat yang mengandung pestisida ber­lebih. Dan temuan ini telah ditindaklanjuti pihak-pihak terkait,” ucap Yetti.

Sosialiasi yang dilak­sanakan ini diikuti 100 pe­serta, yang terdiri dari kader PKK dan Posyandu kelu­rahan, TP-PKK Kecamatan serta kelompok wanita tani. Dan menghadirkan pema­teri Kabid Kewaspadaan Pangan Pemprov Sumbar Dr Ir Sofyan Jamil. (h/tot)

Baca Juga : Operasi Antik Singgalang 2021 di Pasaman, 20 Paket Ganja Kering Diamankan

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]