Ke Payakumbuh, Gubernur Bawa Bantuan Rp5 Miliar


Jumat, 07 Agustus 2015 - 20:08:53 WIB
Ke Payakumbuh, Gubernur Bawa Bantuan Rp5 Miliar

Demikian ditegaskan Gubernur Irwan Prayitno, dalam acara silaturahim dengan petani dan peternak di GOR Serbaguna M. Ya­min Payakumbuh, Jum’at (6/8). Dalam pertemuan itu, gubernur membawa ban­tuan total Rp5 Miliar lebih kepada petani dan peternak di kota ini.

Baca Juga : Penyekatan Dimulai, Ratusan Kendaraan Diputarbalik Saat Hari Pertama

Bantuan terbesar yang dialokasikan kepada Dinas Tanaman Pangan Per­ke­bunan dan Kehutanan lebih ku­rang Rp3,4 Miliar, di­susul buat Dinas Peternakan dan Perikanan Rp2 M. Se­lama di Payakumbuh, gu­bernur didampingi ang­gota DPRD Sumbar H. Irsyad Safar, dan sejumlah pejabat terkait, Walikota Riza Fa­lepi, Sekdako H. Benni Warlis, Ketua TP-PKK Ny. Henny Riza Falepi serta sejumlah pimpinan SKPD Payakumbuh.

Bantuan buat Dinas Ta­na­man Pangan, di an­taranya berupa belasan handtractor, pengembangan jaringan iri­gasi tersier yang akan me­ngaliri 1.400 hektar sawah, bantuan pupuk, bantuan pupuk buat pengembangan upsus jagung, swasembada padi, benih padi, serta ban­tuan gerakan tanam cabe pada musim kemarau.

Baca Juga : Pascalarangan Mudik, Dua Maskapai Ini masih Beroperasi di BIM

Terhadap Dinas Peter­na­kan dan Perikanan, di­pe­run­tukkan buat pengembangan budi daya sapi perah, sapi potong, sapi indukan dan budidaya kambing. Pe­ngem­bangan budidaya sapi perah diperuntukkan buat Ke­lompok Baliak Saiyo Ke­lurahan Payolasek, Kelom­pok Horiza Padang Sikabu, masing-masing 15 ekor. Sedangkan sapi potong buat Kelompok Makmur Cuba­dak Air, sebanyak 28 ekor.

Sementara itu, penerima bantuan sapi indukan jenis braman cross, buat Ke­lom­pok Telaga Kelurahan Om­pang Tanah Sirah, se­banyak 23 ekor, kemudian budidaya ternak kambing untuk Ke­lompok Ingin Maju Bulakan Balai Kandi dan Kelompok Belimbing Se­berang Be­tung, masing-masing 60 ekor.

Sedangkan, petani bi­naan Kantor Ketahanan Pangan, diberi penghargaan oleh Gubernur sebagai juara per­tama Sumbar dalam Lom­ba Adikarya Pangan Nu­santara, yang diraih KWT Bunga Melati Padang Alai. Sebagai juara Sumbar KWT yang dibina Ketua TP-PKK Ny. Henny Riza Falepi ini, mem­pe­roleh hadiah Rp6,5 juta.

Gubernur Irwan Pra­yitno, mengungkapkan, pem­ko bersama pelaku tani agar ada sama-sama punya komitmen dalam menggali potensi lahan yang tersedia dan mengetahui masalah yang ada di lapangan. Menu­rutnya, dibutuhkan sinergi antar pemerintah dengan keltan guna pencapaian swa­sembada pangan.

Dibagian lain gubernur me­ngatakan, ongkos per­tanian dapat ditekan, jika seluruh petani merubah prilaku dari sistem tra­disional menjadi modern. “Mengganti sistem pertanian tradisional menjadi sistem mo­dern akan mem­per­sing­kat waktu penanaman dan menurunkan biaya pro­duk­si,” ujarnya.

Walikota Riza Falepi, da­lam sambutannya me­ngaku lega dengan kepe­dulian Pemprov Sumatera Barat dengan Payakumbuh, dalam upaya meningkatkan kesejahteraan petani dan peternak di Payakumbuh. Menurutnya, kucuran dana dari pemprov dan peme­rintah pusat yang kian me­ningkat, harus disyukuri dengan peningkatan ki­nerja oleh SKPD terkait dan ma­sya­rakat petani,” ulasnya. (h/zul)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]