Pawai Telong-telong Meriahkan HUT Padang


Jumat, 07 Agustus 2015 - 20:21:02 WIB
Pawai Telong-telong Meriahkan HUT Padang

Pada kesempatan itu, Gubernur dalam sambutan menyampaikan, lomba pa­wai telong-telong perlu di­apresiasi dan sangat tepat dilak­sanakan dalam mem­peringati setiap hari jadi Kota Padang. Dari atraksi yang diperlihatkan peserta pawai, menampilkan ikon daerahnya masing-masing, serta atraksi terkait peristiwa heroik warga Kota Padang di Kecamatan Pauh dan Koto Tangah yang kompak untuk berjuang melawan bangsa Belanda pada 7 Agustus 1669 tempo dulu.

Baca Juga : Jelang Idul Fitri, Gema Sehat Juken BKKBN Sumbar Bagi-bagi Sembako untuk Kaum Dhuafa di Padang

“Kalau dulu dengan ke­ber­samaan kita mengusir penjajah dan berhasil meraih kemerdekaan. Untuk saat ini, mari kita aplikasikan dengan bersama mem­bangun daerah dengan turut mendukung pembangunan sesuai profesi dan kegiatan kita masing-masing,” imbuhnya.

Sementara Walikota P­a­dang, Mahyeldi Ansharullah juga menyampaikan, melalui pe­ringatan HUT Kota Pa­dang yang ke 346, meng­harapkan masyarakat bisa bersi­nergi dengan peme­rintah. Baik dalam hal kema­juan pembangunan Kota Padang ataupun juga dalam mem­basmi dan mem­beran­tas segala bentuk perbuatan yang menyimpang di Kota Padang.

Baca Juga : H-6 Lebaran, Pantai Purus Padang Sepi Pengunjung

“Sebagaimana, Pemko Padang memiliki visi yaitu mewujudkan Padang sebagai kota pendidikan, perda­gangan dan pariwisata yang sejahtera, religius dan ber­budaya. Maka dari itu, Pem­ko Padang terus beru­saha mewujudkan visi dan misi disertai program ung­gu­lan,”  ujar walikota.

Adapun salah satu upaya pemko saat ini, sebut Mah­yeldi, di anta­ra­nya me­ren­cana­kan pembangunan jalur jalan poros untuk me­ngan­tisipasi kemacetan dalam kota, yang sedang dikerjakan yakni jalan Bypass mulai dari Teluk Bayur menuju Ban­dara Internasional Mi­nang­kabau (BIM). Selan­jutnya, juga akan dibangun jalan poros barat yaitu jalur dari Muaro Padang hingga Ketaping BIM.

Sementara untuk poros timur akan dibuka jalur jalan dari Teluk Bayur menyisir tepi Bukit Barisan hingga bertemu pula di BIM. Begitu juga pembangunan terminal angkutan umum, saat ini telah dilakukan di Kelu­rahan Anak Aie dan juga pembangunan terminal di lokasi Jalan Diponegoro pada areal SPBU milik TNI yang saat ini sedang proses negosiasi.

“Di samping itu, pemko juga terus membenahi kebu­tuhan warga, seperti pasar yang terus dilakukan pem­benahan, sehingga diha­rapkan Pasar Raya Padang menjadi pasar yang idaman dan nyaman bagi pengun­jung dan pedagang nantinya. Kemudian untuk objek wisa­ta yang menjadi ikon wisata Kota Padang, kita juga se­dang menggiatkan pem­bena­han sarana dan prasarana objek wisata, seperti di Da­nau Cimpago, Pantai Pasir Jambak, Gunung Padang, Pantai Air Manis dan lain­nya.” imbuhnya.

Ditambahkan walikota, pembangunan yang diren­canakan itu memang secara bertahap dan tidak mung­kin sekaligus, karena ter­batasnya anggaran pada APBD Kota Padang. Na­mun, pemerintah bertekad akan terus beru­saha ber­sama SKPD terkait untuk meraih sebanyak mung­kin anggaran dari pu­sat ke Ko­ta Padang. (h/ows)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]