Ditembak di Malaysia, Warga Pesisir Selatan Dipulangkan


Jumat, 07 Agustus 2015 - 20:38:30 WIB
Ditembak di Malaysia, Warga Pesisir Selatan Dipulangkan

Kisah kekecewaan terlontar dari keluarga “SW” terkait pemu­langan jenazah ke kampung hala­man.  Pihak keluarga, Is Sugiarto, mengeluhkan terkait tidak adanya keikutsertaan pemerintah dalam proses administrasi kepada peme­rintah Malaysia untuk pemula­ngan jenazah ke Indonesia.  “Ke­leng­kapan administrasi ke peme­rintah Malaysia menelan biaya hingga Rp19 juta. Kami memin­jam sana-sini dan menggadai sawah untuk mengurusnya. Kami berharap pemerintah kita bisa membantu,” katanya.

Baca Juga : Tempati Rumah Dinas, Hendri Septa Buka Puasa Bersama Anak Panti Asuhan

Sementara itu, Kasi Penyia­pan Penempatan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Padang Basl­i­yuzar kepada sejumlah wartawan mengatakan, terkait dipulang­kannya korban SW ia tak meneri­ma surat resmi dari pemerintah Malaysia terkait sebab penem­bakan dilakukan. Satu-satunya surat yang terlampir hanyalah surat serah terima jenazah.

Namun Basliyuzar memas­tikan, jika korban memiliki Kartu Tanda Kerja Luar Negeri (KTKLN) resmi, maka korban memiliki hak-hak tertentu yang bisa diperjuangkan, seumpama asuransi dari kilang tempat kor­ban bekerja, asuransi dari pe­merintah Indonesia dan lain sebagainya. “Kita pastikan dulu status korban,” jelasnya.

Baca Juga : Di Depan Doni Monardo, Gubernur Rekomendasikan Pinago sebagai Penahan Abrasi

Dalam proses pemulangan tersebut, tampak Bupati Pesisir Selatan, Nasrul Abit juga ikut hadir di Bandara. Nasrul Abit mencoba menenangkan keluarga “SW” yang tak kuasa menahan sedih atas meninggalkan sanak saudara mereka.

Sebelumnya, kepada warta­wan di Pesisir Selatan, Kapolres setempat AKBP Deni Yuhasdi didampingi Kasat Intel AKP Suhendri Yatno mengaku pi­haknya telah mendapatkan la­poran dari keluarga korban. “Memang benar ada laporan tiga warga Pessel meninggal dunia akibat ditembak mati polisi Malaysia. Untuk memastikanya, kami sudah memerintahkan petu­gas menelusuri ke lapangan,” ungkapnya.  (h/mg-isq)

Baca Juga : Ini Besaran Zakat Fitrah dan Fidyah Tahun 2021 di Padang

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]