Wacana ‘Padang Pariaman Kota Industri’ Disambut Baik


Ahad, 09 Agustus 2015 - 19:12:55 WIB
Wacana ‘Padang Pariaman Kota Industri’ Disambut Baik

Tujuan dari wujud pem­bangunan demikian, adalah menyejahterakan ma­sya­rakat itu sendiri. Lewat pembangunan itulah berge­raknya ekonomi, terbukanya lapangan pekerjaan bagi anak nagari.

Baca Juga : Antisipasi Penyebaran Covid-19 Saat Lebaran, Nagari Sinuruik Pasaman Barat Dirikan Posko dan PPKM Mikro

Wakil Ketua Bidang Per­tambangan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabu­paten Padang Pariaman, Aljufri, SH memberikan apresiasi yang sangat luar biasa kepada Bupati Ali Mukhni dan Wabup Dam­suar Datuak Bandaro Putiah.

Apalagi, jelang ber­akhir­nya jabatan kepala daerah ini, pembangunan seolah-olah berpacu dengan waktu. Semuanya berjalan dengan mulus. Sebut saja BP2IP sedang dalam pemba­ngu­nan, MAN Insan Cedikia telah hampir selesai pem­bangunannya. Sedangkan asrama haji dan Islamit Cen­ter juga telah dimulai, dan pembangunan besar lainnya juga menunggu antrean un­tuk siap dilakukan penger­jaannya.

Baca Juga : Cuaca Objek Wisata Sumbar Dilanda Hujan hingga Malam

Dia mengatakan, wacana akan dibangunnya Kota In­dustri Kreatif di Lubuak Aluang telah dapat perse­tujuan dari pusat. Artinya, kemajuan akan bertambah dengan telah tersedianya lahan untuk itu seluas 2.000 hektare di Lubuk Alung.

“Kalau hal demikian terwujud, kita bisa ba­yang­kan bahwa Padang Paria­man akan seperti kawasan industri lainnya di nusantara ini. Sebut saja seperti di Cikarang, Provinsi Banten, dan kawasan lainnya,” kata Aljufri yang juga Ketua BPD Himpunan Pengusaha Mu­da Indonesia (Hipmi) Su­matera Barat.

Dia menjelaskan, masya­rakat Lubuak Aluang de­ngan antusias telah membe­rikan tanah seluas itu. Se­dangkan pembangunan sara­na olahraga yang tak jauh dari rencana pembangunan Kota Industri Kreatif, yakni Main Stadion untuk pelak­sanaan PON tahun 2024 nanti juga telah selesai pro­sesnya. Tinggal lagi, me­mulai pembangunannya. Lengkaplah sudah sarana prasarana yang akan me­nunjang jalannya roda pere­konomian masyarakat.

Kemudian katanya, pro­yek yang sebesar itu, peng­usaha anak nagari Padang Pariaman harus ikut. Sato sakaki istilah urang awak.

Di samping ikut, anak nagari juga diminta untuk berpartisipasi aktif bersama Pemkab mengawal jalannya pembangunan. Itu pem­ba­ngu­nan jangka panjang, yang harus menjadi cerminan maju dan berkembangnya masyarakat, khususnya ba­gian timur Lubuak Aluang, tempat Kota Industri Kreatif dan Main Stadion yang akan dibangun itu.

Untuk itu katanya, Pem­kab harus sering melakukan sosialisasi terhadap masya­rakat tentang Kredit Usaha Rakyat (KUR). Masih ba­nyak para pelaku UKM atau masyarakat biasa yang ingin merubah nasibnya dapat kesulitan dalam masalah itu.

“Kadin siap melakukan kerjasama dengan Pemkab Padang Pariaman soal pem­bangunan ekonomi masya­rakat kecil demikian. De­ngan pembangunan UKM ini, kita tingkatkan dan ku­rangi angka kemiskinan di tengah masyarakat daerah ini,” terangnya.

Dia juga mengatakan, se­cara pribadi Bupati Ali Mukh­ni layak disebut ‘Ba­pak Pembangunan Padang Pariaman’. Karena semasa kepemimpinnya daerah ini­lah lahir dan berkem­bang­nya berbagai pembangunan, baik berskala nasional mau­pun yang didanai oleh AP­BD provinsi dan kabupaten.

Gelagat pembangunan yang kita lihat saat ini, telah merubah wajah daerah ini. Bayangkan, Ali Mukhni mulai bertugas pas pada saat pascagempa dahsyat 2009 yang telah memunahkan ribuan tempat tinggal ma­syarakat, serta sarana prasa­rana yang menjadi tulang punggung perekonomian masyarakat itu sendiri.

“Lima tahun sudah Ali Mukhni bersama Damsuar memimpin daerah ini. Ha­nya hitungan hari, dia akan mengakhiri masa jaba­tan­nya. Masa satu periode itu, tentu banyak penilaian yang diberikan oleh masya­rakat­nya sendiri. Terlepas dari pro dan kontra, yang jelas pertumbuhan ekonomi Pa­dang Pariaman terus menan­jak naik sejak dia bertugas, bahkan mencapai rata-rata pertumbuhan ekonomi pro­vinsi dan nasional. Sebuah lompatan yang sangat luar biasa sekali dalam sejarah Padang Pariaman,” ulasnya. (h/bus)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]