Tingkatkan Kualitas Kemasan Produk IKM


Ahad, 09 Agustus 2015 - 19:13:55 WIB
Tingkatkan Kualitas Kemasan Produk IKM

Dengan mempergunakan mesin kemasan itu sebut Reflis, produk yang dihasilkan oleh IKM akan dikemas dengan rapi dan menarik, sehingga diharapkan akan bernilai jual tinggi. Menurutnya, selama ini kemasan produk IKM di Padang Panjang belum maksimal tampilannya, sehingga ku­rang manarik konsumen untuk me­liriknya. “Dengan adanya mesin ke­masan itu, maka produk IKM di­harapkan bisa berkompetisi di pasaran, baik itu pasar tradisional maupun modern,” se­butnya.

Baca Juga : Antisipasi Karhutla, Sumbar akan Tambah Alat Gurdian

Mesin itu nantinya kata dia, akan disediakan tempat dan ruangan khusus, sehingga pelaku usaha yang ada di Padang Panjang tidak kesulitan mem­pergunakannya. “Lokasinya di kawasan pondok desain dan promosi yang berada di Kelurahan Bukit Surungan atau yang dinamakan sekarang senja kenangan,” katanya.

Inovasi Produk

Baca Juga : Kualitas Udara di Sumbar Masih Kategori Sangat Baik

Pada kesempetan itu, Reflis juga meminta agar pelaku usaha yang ada di Kota Padang Panjang untuk selalu berinovasi dalam menghasilkan pro­duk. “Selain inovatif juga berkualitas, sehingga bisa menimbulkan kecintaan konsumen terhadap produk lokal,” harapnya.

Inovatif dengan mengikuti per­kembangan dan peningkatan kualitas tersebut kata dia, supaya mampu bersaing di pasar global untuk menarik konsumen. Jika hal itu dapat dipenuhi, produk barang dan jasa yang dihasilkan di dalam negeri akan meningkat di masa yang akan datang.

Baca Juga : Komunitas Bonsai Terbentuk, Solsel Miliki Tanaman Endemik Khas

“Dalam era globalisasi saat ini, tidak dapat dipungkiri bahwa berbagai produk mancanegara akan menjadi pesaing bagi produk yang dihasilkan oleh industri dalam negeri termasuk Padang Panjang sendiri,” tandas Reflis.

Untuk itu, berbagai produk yang dihasilkan oleh pelaku usaha Padang Panjang harus mampu bersaing. Tidak hanya di pasar dalam negeri tetapi juga di pasar internasional. Untuk pasar dalam negeri pelaku usaha harus mampu meyakinkan konsumen akan kualitas yang dihasilkan oleh bangsa sendiri.

Baca Juga : Cuaca Besok di Sumbar Cerah hingga Berawan, Namun Ada Potensi Hujan Ringan

Selain mengajak pelaku usaha agar selalu inovatif, Pemkot Padang Panjang juga sudah memberikan perhatian kepada pelaku usaha supaya masya­rakat bisa mencinai produk lokal. “Untuk lebih meyakinkan konsumen, Pemkot sudah memberikan bantuan dalam pengurusan label halal dan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) bagi pelaku usaha,” jelasnya. (h/yan)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]