Harga Telur dan Cabai Melonjak Tajam di Sawahlunto


Ahad, 09 Agustus 2015 - 19:17:41 WIB
Harga Telur dan Cabai Melonjak Tajam di Sawahlunto

“Kenaikan ini cukup berimbas pada minat beli masyarakat yang sedikit menurun, karena naiknya cukup tajam Rp2.000  per­butirnya,” kata Sumiati ke­pada Haluan.

Baca Juga : Digelar dengan Kondisi Khusus, Tahun Ini Arab Saudi Tetap Gelar Ibadah Haji

Pantauan Haluan dibe­berapa pasar tradisional Sawahlunto, naiknya harga jual telur juga diringi oleh kenaikan kebutuhan pokok lainnya seperti cabai merah keriting, sempat turun di kisaran Rp32.000 perkilo sekarang kembali melonjak  menjadi Rp48.000  hingga Rp50.000 perkilonya.cabe rawit juga naik tajam dari harga minggu lalu Rp40.000 naik menjadi Rp60.000 per­kilonya.Khusus untuk ini sering terjadi fluktuasi harga kadang naik dan seringkali beberapa hari berikutnya turun kembali.

“Harga jual cabai sangat tergantung pada pasokan dari daerah pemasok, se­dang­kan dari pemasok sen­diri akan sangat tergantung pula dari hasil panen yang didapat, namun biasanya jika terjadi kemarau yang cukup panjang seperti seka­rang, hasil panen akan ber­kurang termasuk pasokan ketingkat pedagang pun menjadi berkurang,” kata Novi (32) salah seorang pedagang cabai di pasar baru Sawahlunto.

Baca Juga : Lonjakan Covid-19 di India Makin Mengkhawatirkan, WHO Sebut Disebabkan Varian yang Lebih Menular

Daerah pemasok sendiri se­but Novi, selain dari dae­rah disekitar Sawahlunto seperti kabupaten Solok, tanah datar biasanya paso­kan cabai yang masuk ke Sawahlunto juga datang dari luar provinsi seperti lam­pung dan pulau jawa.

“namun karena terjadi kekeringan atau musim ke­ma­rau yang hampir merata diseluruh Indonesia, rata rata hasil panen didaerah tersebut juga mengalami penurunan, sehingga ber­dam­pak pada naiknya har­ga,”sebutnya.

Harga sayuran yang ming­gu lalu mengalami kenaikan seperti  timun  naik dari Rp12 ribu perkilonya naik menjadi Rp14.000 per­kilo, wortel semula Rp6.000 naik menjadi Rp 10.000,- perkilo,, Kol dari Rp.4.000,-  naik menjadi Rp6.000 per­kilo,kentang naik dari Rp6.000 menjadi Rp7.000, sa­wi dari Rp4.000 naik menjadi Rp5.000 perkilo, sedangkan buncis Rp7.000 perkilo sekarang Rp8.000 perkilonya.untuk minggu ini tetap bertahan dikisaran harga tersebut.

Sementara untuk harga beras dan kebutuhan lain­nya seperti gula, minyak goreng curah, daging sapi, daging ayam dan ikan masih ter­pantau normal dan bertahan seperti biasa­nya.(h/mg-rki)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]