Keltan Bina Bersama Pilot Proyek


Ahad, 09 Agustus 2015 - 19:18:09 WIB
Keltan Bina Bersama Pilot Proyek

Dikatakannya, Kantor Perwakilan BI Sumbar, akan membina dan membimbing petani dalam mem­bu­di­dayakan tanaman cabai dan horticultura, sejak dari hulu hingga ke hilir. Tahap awal, Kelompok Tani Bina Ber­sama Kelurahan Koto Baru Payobasung di Kecamatan Payakumbuh Timur, men­jadi pilot proyeknya. “Ke depan, kita akan dorong keltan-keltan lainnya terli­bat mengembangkan klaster cabe atau tanaman hor­ti­kultura ini,” tegasnya.

Baca Juga : Polda Sumbar Terima Kunjungan Kerja Komisi III DPR RI 

Menurut dia, dalam mem­­budidayakan tananam dimaksud, BI memberikan bantuan teknis serta pra­sarana dan sarana pertanian. “Jika kelompok tani butuh modal, BI akan mem­fasi­litasinya dengan perbankan. Petani tak akan galau dengan masalah permodalan, ka­rena dijamin BI,” tambah Syahril.

Seandainya keltan ter­kendala dengan sumber daya manusia dan tekhnologi per­­tanian, BI juga akan men­datangkan tekhnorat per­tanian dari Balai Pengkajian Tekhnologi Pertanian (BP­TP) Suka Rami Solok. Se­luruh petani akan dibimbing dan diberikan ilmu untuk mengembangkan tanaman dimaksud, katanya.

Baca Juga : Gubernur Sumbar Sebut Tanaman Serai Wangi Bisa Untungkan Petani

Begitu juga dalam hal pemasaran, BI juga ikut berperan. BI akan ikut ber­tanggung jawab mencarikan pelemparan tanaman cabe dan hortikultura itu ke­provinsi lainnya atau ke sejumlah pasar modern. Ka­rena, BI tak ingin, ke­lang­kaan cabe dan tanaman hor­tikultura ini menjadi pe­nyumbang inflasi di Su­matera Barat. Program ter­sebut akan berlangsung sela­ma tiga tahun ke depan, sebut sekdako dan Syahril. (h/zkf)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]