Pemkab dan Polisi Diminta Bertindak Tegas


Ahad, 09 Agustus 2015 - 19:20:45 WIB
Pemkab dan Polisi Diminta Bertindak Tegas

"Memang benar, hamper disejumlah titik terdapat sekumpulan orang yang me­lakukan pungli. Kejadian ini sudah berlangsung sejak awal Ramadan lalu," sebut Hendri (33), salah seorang warga saat ditanya Haluan.

Baca Juga : Antisipasi Curanmor saat Ramadan, Ini Imbauan Polda Sumbar

Anehnya, lanjut Hendri, aksi pungli yang dimotori sejumlah pemuda ini dila­kukan dengan cara memak­sa. "Jika tidak diberikan oleh pengendara, pelaku pungli akan menghardik pengendara tersebut. Bah­kan tak jarang mereka akan memukul bodo kendaraan yang tidak memberikan uang yang mereka minta," lanjut Hendri lagi.

Dirinya pun  menya­takan bahwa para sopir serta mas­yarakat yang menjadi peng­guna jalan, meminta kepada pihak terkait seperti kepo­lisian dan Dinas Perhubu­ngan serta Satpol PP Kabu­paten Sijunjung, agar sece­pat­nya mengambil tindakan tegas untuk menertibkan pungutan liar (pungli) yang sangat meresahkan peng­guna jalan tersebut.

Baca Juga : Berkunjung ke Sumbar, Doni Monardo Minta Perantau Lebaran Virtual

Hal senada juga diun­g­kap­kan Marwan, warga lain yang kebetulan melintasi lokasi pungli. Dikatakannya, aksi yang dilakukan oleh sejumlah pemuda ini sudah bisa dikatakan perbuatan pidana. Pasalnya, mereka meminta uang dengan cara paksaan dan tak jarang de­ngan kekerasan.

"Mereka minta sumba­ngan atau me­me­ras penggu­na jalan. Kalau sumbangan itu sifatnya suka­rela, tapi kalau bentuknya paksaan sudah masuh ranah pidana dan polisi sudah bisa ber­tindak," sebut Marwan de­ngan nada jengkel.

Baca Juga : Pengurus DPD Ikadin Sumbar Dilantik, Siap Lahirkan Hotman Paris dari Minang

Aksi pungli ini, kata Marwan lagi tidak terjadi dalam satu atau dua hari ini saja. Namun sudah terjadi sejak beberapa bulan ter­akhir. "Pemkab dan polisi harus segera bertindak. Jika tidak, aksi pungli ini bisa memperburuk citra Kabu­paten Dharmasraya dimata pendatang yang melintasi jalan lintas Sumatera ini," pungkasnya. (h/ogi/hel)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]