KPU Segera Rampungkan Hasil Coklit PPDP


Ahad, 09 Agustus 2015 - 19:24:20 WIB
KPU Segera Rampungkan Hasil Coklit PPDP

Diketahui, data yang diberikan oleh KPU pada PPDP menjadi bahan rujukan untuk mecocokkan di lapangan saat melakukan coklit dengan cara mendatangi rumah ke rumah warga (doo to door). Hal ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian dan kecocokan data sekaligus mengetahui informasi-informasi lainnya. Misalnya, jika ada warga yang pindah memilih, alih status TNI/Polri, meninggal dunia dan hal-hal lainnya yang menghilangkan hak memilih masyarakat.

Baca Juga : Di Tengah Guyuran Hujan, Wako Hendri Septa Jemput Keluarga Penerima Bedah Rumah

“Nanti setelah anggota PPDP coklit maka langsung diserahkan pada tingkat PPS dilakukan rekap setelah itu baru PPS menyerahkan pada PPK, nanti PPK akan menyerahkan pada KPU kabupaten kota, dan begitu seterusnya dilakukan berjenjang,” ujarnya.

Terkait kendala yang dihadapi, menurut laporan yang diterimanya dari hasil monitor ke kabupaten kota bahwa petugas kesulitan pada beberapa kasus seperti adanya pemilih yang belum mengurus surat pindahnya.

Baca Juga : Hendri Septa: Masyarakat Langgar Prokes Akan Ditindak Tegas

“Misalnya ada warga Padang Panjang yang sudah dua tahun lebih tapi masih memakai KK dan KTP tempat sebelumnya tinggal, dan ada yang mempunyai identitas ganda juga,” jelasnya.

Menurut Fikon, untuk hal demikian pihaknya menyarankan pada warga supaya mengurus surat pindah atau KK dan KTP dimana tempat menetap sekarang. Paling tidak anggota PPDP mendapatkan kode resi dari catatan sipil setempat. (h/mg-rin)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]