Hari Ini, Bawaslu Umumkan Hasil Sengketa Golkar dan KPU Sumbar


Ahad, 09 Agustus 2015 - 19:24:44 WIB
Hari Ini, Bawaslu Umumkan Hasil Sengketa Golkar dan KPU Sumbar

“Kami sudah meminta kedua belah pihak untuk datang, dan sudah dilakukan klarifikasi. Untuk pihak yang melaporkan (Golkar) memnghadirkan dua orang saksi dan dari KPU sendiri adalah Ketua Panitia Agus Catur Rianto,” jelasnya.

Baca Juga : Pemko Padang Gelar Bimtek PPRG Tahun 2021

Armadepa juga menga­takan, setelah dilakukan pleno akan diumumkan nan­tinya apakah laporan ter­sebut masuk dalam kategori pelanggaran (pelanggaran etik, pidana, atau adminis­trasi) atau kategori bukan pelanggaran. Artinya kalau Bawaslu memutuskan hasil­nya masuk dalam kategori bukan pelanggaran tentunya laporan Partai Golkar terse­but tidak diproses atau de­ngan bahasa lain ditolak.

“Sebelum memplen­o­kan kami juga sudah mela­kukan beberapa pengkajian pada laporan Partai Golkar tersebut,” ulasnya.

Baca Juga : Pandemi Belum Reda, Warga Padang Takut Berobat ke Puskesmas

Diberitakan sebe­lum­nya, kedua kubu Partai Gol­kar bersatu melaporkan KPU Sumbar ke Bawaslu karena pihaknya merasa dirugikan oleh KPU. Pasal­nya dieliminir sebagai partai pengusung paslon MK-FB.

Sementara itu, Ketua KPU Sumbar Amnasmen mengatakan ditolaknya Par­tai Golkar sebagai partai pengusung karena diperkuat dengan Surat Edaran (SE) KPU nomor 396, dan SE KPU nomor 402.

Baca Juga : Jumlah Penerima BST di Padang Berkurang 2 Ribu KPM

“Penegasan dalam dua SE itu lebih kurang ber­bunyi, bahwa syarat pen­calonan oleh parpol dan calon dalam proses pen­calonan yang sah adalah form pencalonan oleh par­pol harus ditandatangani oleh kedua kubu ketua dan sekretaris parpol,” ujarnya.

Sementara, form pen­ca­lonan parpol tidak diisi oleh kedua kubu. (h/mg-rin)

Baca Juga : Di Depan Doni Monardo, Gubernur Rekomendasikan Pinago sebagai Penahan Abrasi

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]