Parkir Pasar Raya Capai Rp5.000


Ahad, 09 Agustus 2015 - 19:25:56 WIB
Parkir Pasar Raya Capai Rp5.000

"Siap Lebaran tarif par­kir naik, masak bayar Rp2.000 juga. Kalau Rp2.000 tidak usah bayar saja sekalian," dengus Da­tuak, juru parkir.

Baca Juga : PT Medialab Indonesia Buka Lowongan Kerja, Minimal D3 Analis Kimia

Ketika ditanya apakah sudah ada keputusan naik­nya tarif parkir, Datuak berkilah, memang tidak ada pem­beri­tahuan. Tetapi, jadi juru parkir itu tidak mudah, hari panas dan susah me­ngatur kenda­raan. "Jadi juru parkir ini tidak mudah, makanya tarif parkir naik," ulasnya lagi.

Kemudian juru parkir di depan Pasar Raya Barat, An­ton mengatakan, memang tidak memastikan tarif par­kir kepada pengendara. Berapa pun yang dibayar oleh pemi­lik kendaraan selalu dia terima.

Baca Juga : Pemko Padang Apresiasi Ketersediaan Pangan Strategis Jelang Lebaran 2021

"Dibayar Rp2.000 tak apa, dikasih Rp3.000 saya terima juga. Tapi karcis me­mang lagi habis, soalnya hari Sabtu dan Minggu kan­tor Dishub tutup," pungkasnya.

Rintho, pengendara roda dua yang ditemui di Jalan Permindo, mengaku tidak tahu berapa tarif resmi par­kir sesuai perda. Ia selalu membayar parkir Rp2.000 untuk sekali parkir. Dia menganggap tarif tersebut telah sesuai perda.

"Selama saya parkir di­berbagai tempat di Pasar Raya, tarifnya Rp2.000. Pernah saya membayar Rp1.000 karena tidak ada uang receh, juru parkirnya tidak terima dan minta tam­bah," kata mahasiswa eko­nomi sebuah perguruaan tinggi di Padang.

Rintho berharap instansi terkait menertibkan tarif parkir kendaraan yang bera­gam itu. Jika dinilai masalah uang, memang terbilang kecil untuk biaya parkir. "Bagi saya, taat aturan yang ter­penting. Lagi pula, keba­nya­kan korupsi itu terjadi dari hal kecil se­perti ini," ujar pria yang ber­niat membeli buku di sebuah toko di Jalan Permindo.

Sementara Kepala Dis­hub Kominfo Padang, Rudy Rinaldy melalui Kepala UPT Parkir Bastiar mene­gaskan, tarif parkir masih tetap sesuai perda sebesar Rp1.000 untuk sepeda mo­tor dan Rp3.000 untuk roda empat (khusus untuk kawa­san Pasar Raya). Belum ada aturan yang menaikan tarif parkir setelah Lebaran. Jika tarif parkir naik, itu hanya keinginan dari juru parkir saja."Belum ada aturan tarif parkir naik," paparnya.

Persoalan tarif parkir tidak merata dan tidak ada­nya karcis parkir yang dibe­rikan, kata Bastiar, pihaknya akan tertibkan nanti.  (h/ows)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]