Bangkitkan Nasionalisme Kibarkan Merah Putih


Ahad, 09 Agustus 2015 - 19:28:15 WIB
Bangkitkan Nasionalisme Kibarkan Merah Putih

Dalam tahapan Pilkada yang akan dilalui barangkali ada perdebatan dan persaingan politik yang dapat mengganggu tali persaudaraan di antara kita sebangsa dan setanah air. Maka pada momen HUT Kemerdekaan RI ke-70, marilah kita landasi tahapan Pilkada serentak yang akan dilaksanakan dengan semangat persaudaraan dan rasa cinta tanah air. Pilkada hanyalah sebuah alat dan proses untuk bisa mewujudkan tujuan kemerdekaan yang sesungguhnya.

Baca Juga : Capres 2024, PDIP Serahkan pada Keputusan Megawati

Saatnya beberapa hari ke depan kita bergembira memperingati hari kemerdekaan bangsa yang kita cintai. Marilah kibarkan bendera mereh putih dan laksanakan berbagai kegiatan untuk meramaikan perayaan peringa­tan hari kemerdekaan yang telah dicapai susah payah oleh para pejuang terdahulu. Semua itu tentunya adalah bahagian dari bukti syukur kita kepada Allah SWT atas nikmat dan rahmat kemerdekaan Indonesia.

Peringatan HUT Kemerdekaan RI perlu diisi dengan hal-hal yang bermanfaat. Cara dan medianya tentu saja bi­sa beragam. Bisa saja dengan upacara bendera, seminar, dis­kusi, lokakarya, workshop¸ renungan suci, bergotong-ro­yong, menggelar berbagai   permainan rakyat yang ber­nafaskan syukur atas kemerdekaan dan lain se­bagainya.

Baca Juga : Tindakan KKB Papua Sangat Keji, Tembaki Guru dan Tenaga Medis Covid-19

Selain dari berbagai kegiatan di atas, hal yang paling mudah yang bisa dilakukan sebagai wujud syukur atas Kemerdekaan Republik Indonesia adalah dengan cara mengibarkan bendera merah putih di depan rumah, kantor, warung, toko, hotel milik masing-masing. Bendera itu juga bisa dilengkapi dengan spanduk/baliho bertema peringatan hari kemerdekaan atau juga umbul-umbul dan lain sebagainya.

Kenyataannya dalam beberapa tahun terakhir di Kota Padang, ternyata kesadaran wargha kota mengibarkan bendera merah putih saat peringatan Hari Kemerdekaan RI sangat rendah. Tak sampai 10 persen warga yang mengibarkan bendera. Di jalan-jalan utama atau protokol di Kota Padang dan berbagai kota/ kabupaten lainnya di Sumatera Barat, sangat sepi dengan bendera, spanduk, umbul-umbul merah putih. Jika tahun lalu yang mendominasi justru spanduk dan baliho para calon anggota legislatif (caleg) tahun ini justru baliho, spanduk dan umbul para calon gubernur/wakil gubernur, calon Bupati  dan Walikota.

Baca Juga : Innalillahi, Pemilik Radwah Hartini Chairuddin Meninggal Dunia

Realitas tersebut sangat berbeda dengan suasana sebelum tahun 2000-an. Karena dulunya, HUT Kemerdekaan RI benar-benar diperingati dengan suka cita oleh seluruh rakyat Indonesia. Berbagai kegiatan pun digelar. Bendera  merah putih juga tampak berkibar dengan gagah di mana-mana.

Kita perlu menyadari bahwa kita adalah bagian dari orang-orang  yang kurang menyukuri nikmat ke­merdekaan RI yang dicapai dengan susah payah oleh para pejuang kita yang terdahulu. Mengibarkan bendera merah putih selama enam hari (H-3 hingga H+3) saja kita masih tidak bisa. **

Baca Juga : Pemerintah Perlu Pertimbangkan Kembali Penggabungan Kemendikbud dan Ristek

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]