Pilkada Serentak, Demokrat Riau Patok Target 30 Persen


Ahad, 09 Agustus 2015 - 19:30:53 WIB
Pilkada Serentak, Demokrat Riau Patok Target 30 Persen

Menurutnya, target kemenangan 30 persen dinilai sebagi angka yang realistis, sehingga diharapkan bisa tercapai. Bahkan bila memungkin, hasilnya bisa melebihi target.

Baca Juga : Pantai Salido Pesisir Selatan jadi Favorit Anak Muda

Kegiatan yang digelar Sabtu akhir pekan kemarin di salah satu hotel di Pekanbaru, menghadirkan narasumber lainnya yakni Siti Zuhro, peneliti senior bidang politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia dan Sekre­taris DPD Demokrat Riau, Koko Iskandar.

“Syukur Alhamdulillah kendala jelang Pemilukada tidak terjadi gejolak apa pun di Riau, saya optimis Insya Allah Pemilukada di Riau sukses. Kemudian juga memberikan kesuksesan kepada partai Demokrat,” kata dia. Sementara itu, Plt Ketua DPD Demokrat Riau yang juga Bupati Rokan Hulu, Achmad, MSi, mengatakan, dengan target yang minimal, pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin. “Di akhir Agustus ini, kita akan lakukan survei kembali untuk mengetahui kekuatan,” ujarnya.

Baca Juga : Tempat Wisata Ditutup, Warga Padati Taman Kota Siak

Sedangkan terkait pembekalan, Achmad mengatakan materi yang diberikan kepada para calon kandidat untuk memberikan wawasan pengetahuan tentang masalah-masalah kepamongprajaan. Mereka juga diberi pembe­kalan mengenai masalah peme­rintahan, strategi dan analisa terhadap perundang-undangan.

“Ini merupakan antisipasi, sehingga dengan adanya pembe­kalan ini kepercayaan diri mereka bertambah, spirit mereka bertam­bah, kebersamaan kita terlebih-lebih menjadi solid dan terbentuk dalam pemenangan ini. Kita maju untuk menang, bukan untuk ka­lah, untuk itu perlu sungguh- sungguh dan kebersamaan,” katanya.

Mulai Terasa

Dari Pelalawan, suhu politik disebut-sebut sudah mulai me­manas. Untuk diketahui, Pilkada kali ini di Pelalawan hanya diikuti dua pasangan, atau terjadi duel head to head.

Sejauh ini, tim dari dua kubu disebut sudah mulai melakukan gerakan dan pendekatan untuk merebut hati masyarakat Pela­lawan.

“Tampaknya Pilkada akan. Kemarin, tim calon sudah mulai jalan ke rumah-rumah, meminta pandangan masyarakat, mena­nyakan apa keinginan masyarakat untuk pelalawan kedepan,” terang salah seorang warga Pangkalan Kerinci, Amri.

Nada optimis juga diung­kapkan masing-masing kubu. Pasalnya, pasangan M Harris -Zardewan dinilai memiliki se­jum­lah kelebihan. Begitu pula pasangan lainnya, Zukri Misran-Anas Badrun. Sejumlah tim peme­nangan dari masing-masing kubu, ketika dikonfirmasi akhir pekan kemarin mengaku optimis calon yang mereka usung bisa meraih hasil maksimal dalam Pilkada Desember mendatang.

Siapkan Pengawalan

Masih terkait Pilkada, Polda Riau terus mematangkan persia­pan pengawalan terhadap para calon kepala daerah. Setelah pasangan ditetapkan, maka ma­sing-masing mereka akan dikawal dua pengawal pribadi dari Ke­polisian.

Guna mempersiapkan petu­gas pengawalan yang handal untuk mencegah terjadinya tinda­kan yang tidak diinginkan, Polda Riau akan melatih personil ter­sebut.

“Ketika calonnya sudah dite­tapkan, dia akan dikawal personil kita. Kita rencanakan satu calon dua. Sebelumnya memulai penga­walan pribadi, mereka akan dilatih di Brimobda Riau,” ujar Guntur.

Pelatihan personil yang ber­tu­gas melakukan pengawalan terse­but dilakukan di Brimobda Riau agar personil dapat fokus mem­pelajari berbagai prosedur pe­ngawalan untuk mengan­tisi­pasi kejadian yang tidak diingin­kan. Tindak pengancaman atau­pun kekerasan fisik lainnya bisa saja muncul saat masa kampanye nanti.

“Kita inginkan situasi kon­dusif, tetapi tentu saja personil kita siapkan secara maksimal,” lanjut Guntur. (hr)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]