Kegiatan Mengusir Badmood


Senin, 10 Agustus 2015 - 18:34:10 WIB
Kegiatan Mengusir Badmood

Apa sajakah kegiatan yang dapat dilakukan? Be­rikut adalah lima yang disa­rankan dan mudah untuk Anda lakukan:

Baca Juga : Ini Dia Pemenang Hadiah Program “Merdeka Belajar Jarak Jauh” Pelajar Wilayah Sumatera

1. Memandangi pemandangan alam yang indah

Pergi menikmati in­dah­nya alam liar memang mem­buat hati menjadi tenang. Akan tetapi, jika waktu Anda cukup terbatas, hanya de­ngan memandangi foto-foto pemandangan alam indah saja ternyata dapat memun­culkan rasa bahagia dan mampu mengusir stres. Hal ini dibuktikan oleh pene­litian yang dipublikasikan pada jurnal Frontiers in Psychology.

Baca Juga : Tak Bisa Mudik, Dekorasi Rumah Saja dengan Ide Ornamen Praktis dan Terjangkau dari IKEA

2. Olahraga sambil menonton televisi

Sebuah riset yang dipub­likasikan pada Journal of Sports Science & Medicine, orang yang menonton te­levisi sambil berjalan di lintasan treadmill selama 10 menit terbukti lebih mudah memperbaiki suasana ha­tinya ketimbang mereka yang berolahraga tanpa dis­traksi sama sekali.

“Analoginya seperti es krim. Mengonsumsi es krim memang membuat Anda bahagia, namun me­nam­bahkan topping membuat Anda lebih bahagia lagi,” ujar Gregory J Privitera, profesor psikologi di St Bonaventure University di New York, Amerika Serikat.

3. Minum teh

Penelitian yang dipub­likasikan jurnal Food Qua­lities & Preferences edisi Januari 2015 menemukan bahwa minum secangkir teh akan memberikan efek baha­gia dengan cepat.

Selain itu, orang yang minum teh setiap hari me­miliki 41 persen risiko le­bih rendah terkena depresi ka­rena teh mengandung bahan aktif catechin dan L-thea­nine.

4. Mendengarkan musik atau berdansa

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan pada Maret 2014 di Journal of Positive Psychology mene­mukan bahwa berdansa se­lama lima menit saja dapat memperbaiki suasana hati dan mengurangi lelah. Hal serupa juga akan terjadi bila Anda mendengarkan musik.

5. Membaca

Kalau suasana hati Anda sedang buruk, tak ada sa­lahnya membaca buku. Na­mun, ada baiknya Anda harus membacanya dengan cepat.

Sebab, sebuah studi yang dilaporkan pada jurnal Cog­nitive Therapy and Research menemukan terjadinya pe­ningkatan suasana hati ke­tika mereka membaca cepat.

Menurut para peneliti, membaca cepat juga mem­berikan efek yang sama dengan olahraga. (h/trn)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]