Disperhut Gaet Rp4,39 Miliar Atasi Kekeringan


Senin, 10 Agustus 2015 - 18:36:19 WIB
Disperhut Gaet Rp4,39 Miliar Atasi Kekeringan

“Akibat kemarau, opti­malisasi lahan persawahan  dalam upaya percepatan swasembada pangan di Sa­wahlunto hanya terealisasi 20 persen,” ujar Heni Pur­waningsih kepada Haluan.

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Virus Corona di Sumbar: Positif 204, Sembuh 99, dan Meninggal Dunia 3 Orang

Dari 800 hektar lahan yang direncanakan, lan­jut­nya, hanya 20 persen yang terealisasi secara optimal. Akibatnya, terjadinya penu­runan produktivitas perta­nian, yang sangat besar.

Sekitar 20 persen lahan yang terealisasi itu, lan­jutnya, lahan pada persa­wahan yang bersumber dari pengairan irigasi. Sedan­g­kan lahan lainnya yakni lahan sawah tadah hujan tidak dapat terealisasi.

Baca Juga : Pasca Oknum Pegawai Lapas Terlibat Narkoba, Kalapas Bukittinggi Gelar Razia dan Bentuk Tim Khusus

“Dari total luas areal persawahan di kota ini 1.680 hektar, 796 hektar su­dah teraliri jaringan irigasi. Se­­dang­kan 884 hektar lain­nya merupakan sawah ta­dah hu­jan. Jadi anomali cuaca yang terjadi saat ini, sangat ber­dampak pada upaya pe­ning­katan pro­duktifitas. Yang paling sulit itu, pada per­sawahan tadah hujan, yang sama sekali tidak dapat kita efektifkan. Sehingga, pro­duktifitas me­nurun sangat drastis dari jumlah yang diharapkan,” katanya.

Untuk itu, jelas Heni, mengatasi kekeringan yang terjadi ini, dana DAK ter­sebut dioptimalkan pa­da upaya upaya penguatan ja­ringan irigasi, di an­taranya rehabilitas jari­ngan irigasi, pe­ngem­ba­ngan irigasi baru.

Baca Juga : Aksi Pencurian Kotak Amal di Dharmasraya Ini Terekam CCTV

Selain itu, juga me­la­kukan pengembangan ke­ter­­sediaan irigasi meliputi pen­­carian sumber-sumber air dengan membuat em­bung dan dam parit, serta pem­buatan jalan jalan usa­ha tani.

“Mudah-mudahan da­na tersebut bisa segera cair, dan kondisi cuaca akan segera membaik, se­hingga tidak membuat hasil panen padi ma­sya­rakat menjadi ber­kurang,” katanya.(h/mg-rki)

Baca Juga : Pemerintahan Kecamatan IV Jurai Lakukan Vaksinasi Covid-19

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]