DPRD Minta Penyelenggara Pilkada Jaga Netralitas


Senin, 10 Agustus 2015 - 18:36:56 WIB
DPRD Minta Penyelenggara Pilkada Jaga Netralitas

Wakil rakyat dari fraksi PPP itu menye­butkan ma­sya­rakat sebagai pemegang amanah me­mi­liki ekspek­tasi yang tinggi ter­hadap tiga pasang calon bupati/wakil bupati Solok periode 2015-2020 yang telah men­daftar ke KPU. Karena itu, ia me­ng­imbau  institusi KPU sebagai pe­nye­leng­gara Pil­kada  harus mampu men­jaga netralitas.

Baca Juga : Gempa Berkekuatan 3,3 Magnitudo Dirasakan di Bukittinggi

Sama dengan  Pegawai Negeri Sipil (PNS), TNI-Polri dan semua Aparatur Sipil Negara (ASN) lainnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Panitia Penga­was Pemilu (Panswaslu) lebih dituntut ber­sikap net­ral. Bila netralitas ini tidak dapat d­ij­aga dalam  pe­nye­­lenggara Pil­­kada, disangsi­kan bakal  me­micu ke­cura­ngan.

“KPU-Pan­­was­lu le­bih dituntut ne­tral. Bila pi­hak ini membela satu pas­lon, berkemungkinan me­micu kecurangan,” tegas Pa­tris Can, di Kantor DPRD Kabu­paten Solok.

Baca Juga : Sambut Idul Fitri 1442 H, DPC IWAPI Pasaman Gelar Pasar Murah

Wakil Ketua Komisi C DPRD Kab. Solok itu me­ne­­kankan ini, ka­re­na melihat suasana men­jelang  Pilkada Kabupaten Solok  semakin dinamis.

Dari tiga balonbup yang menjadi kontestasi, bukan tidak mungkin ter­buka po­tensi-potensi ke­ber­pihakan. Untuk menyiasati itu, Pa­tris Can merasa perlu me­ngi­ngat­kan agar KPU-Pan­waslu jangan terpancing oleh sentimen apapun da­lam melaksanakan ke­wa­jibannya sebagai pe­nye­lenggaraa Pil­kada.

Baca Juga : Prakiraan Cuaca Sumbar Hari Ini, BMKG: Waspada Gelombang Laut Hingga 3 Meter

“Kita harap semuanya bisa melaksanakan tugas dengan baik dan bebas da­ri kepentingan  salah satu paslonbup,” himbaunya.

Hal senada  juga dite­gaskan anggota DPRD Hen­­d­ri Dunant.

Baca Juga : Jasman Rizal: Tak Ada Larangan Pergerakan Lokal, Tetap Patuhi Prokes

Menurutnya, sebagai pi­hak-pihak yang difa­sil­i­tasi Negara, KPU-Pan­was­lu hen­daknya total me­ngabdi  tanpa kepen­tingan dan me­mihak salah satu pas­lonbup.

“Kita berkomitmen me­lak­sanakan Pilkada Ban­dun­sanak, tetapi jangan ma­lah menonai dengan me­ng­abai­kan azas netralitas,” ucap­nya.

Terkait ini, Ketua KPU Kab. Solok Elwiza memas­tikan pihaknya akan men­ja­ga amanah masyarakat de­ngan menjaga netralitas. Sebagai penyelenggara pe­milu, KPU memiliki dan selalu berpedoman kepada kode etik penyelenggara Pemilu. (h/ndi)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]