Hak Pengguna Pejalan Kaki Terampas


Senin, 10 Agustus 2015 - 19:03:14 WIB
Hak Pengguna Pejalan Kaki Terampas

“Saya kesusahan men­ye­berang kalau tidak di­tolong satpam. Zebra cross hanya tersisa di tepi saja dan telah pudar, kendaraan yang lewat di sini ngebut-nge­but,” ucap Andre, salah seorang siswa SMPN 30 Padang.

Baca Juga : Ada Pos Pelayanan Prokes di Pasar Raya Padang

Hal serupa dikatakan Alin (32), salah seorang wali murid SD Kartika 1.2. Me­nurutnya, zebra cross di de­pan sekolah yang berada di dekat Lapangan Imam Bonj­ol ter­sebut sudah lama me­mu­dar dan menyu­sah­kan pejalan kaki saat men­yeberang.

“Saya berdagang di de­kat sini. Saat menjemput anak pulang sekolah, saya sering was-was saat me­nye­berang. Padahal hak kami para pejalan kaki untuk menyeberang dengan rasa aman di zebra cross. Kalau seperti ini bagaimana bisa aman. Kendaraan terutama angkot, sering ngebut-nge­butan saat lewat sini,” kata­nya mengeluh.

Baca Juga : Jadwal Pendaftaran CPNS 2021 di Padang Belum Jelas

Bukan perkara susah menyeberang jalan saja. Ber­dasarkan pantauan Ha­luan di depan Hotel Axana yang berseberangan dengan SM­PN 2 Padang, beberapa kendaraan roda empat se­nga­ja diparkir pemiliknya di tepi jalan, tepat di sisa-sisa zebra cross yang memudar.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Infor­matika (Dishub Kominfo) Kota Padang, Rudy Rinaldy mengatakan, pengecatan ulang zebra cross se­ha­rus­nya memang dilakukan se­cara rutin. Namun, untuk melaksanakannya masih terkendala minimnya ke­ter­sediaan anggaran.

Baca Juga : Dilepas Rektor UIN IB Padang, Jenazah Masnal Zajuli Dimakamkan di Tanah Datar

“Sebaiknya memang se­tiap tahun cat zebra cross diperbaharui. Namun ang­garan untuk pe­lak­sanaan­nya terbatas, karena satu ang­garan dengan pengadaan dan perbaikan marka jalan lain­nya yang tak kalah pen­ting kegunaannya,” jelas Rudy

Untuk saat ini, lanjut­nya, sistem yang dipakai Dishub Kominfo Padang dalam pengecatan ulang zebra cross adalah ber­da­sar­kan pemantauan dan pe­nga­matan. Yaitu dengan me­nu­runkan beberapa pe­tugas ke lapangan untuk melihat zebra cross mana saja yang benar-benar telah me­mu­dar, sehingga sangat perlu untuk dicat ulang. (h/mg-isq)

Baca Juga : Hendri Septa Serahkan Paket Sembako untuk Warga Sekitar TPA Air Dingin

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]