Dua Pulau di Tiku Bakal Jadi Pendaratan Penyu


Senin, 10 Agustus 2015 - 19:15:36 WIB
Dua Pulau di Tiku Bakal Jadi Pendaratan Penyu

“ Kami sudah melakukan survei dan pembuatan dokumen terkait pembuatan pendaratan penyu. Sejauh ini survey menunjukan beberapa pantai di kawasan Tiku bisa djadikan lokasi pendaratan hewan yang dilindungi tersebut. Beberapa waktu kedepan pulau tersebut benar-benar berfungsi sebagai pedaratan penyu, hasil surve menunjukan sejauh ini lokasi pulau tersebut cukup strategis,” kata Ermanto.

Baca Juga : Putra-Putri Terbaik di Indonesia Siapkan Diri, Penerimaan Polri Segera Dibuka

Ermanto menjelaskan, penyu merupakan hewan yang membutuhkan pantai yang sepi jauh dari jangkauan manusia. Ia mengatakan, dokumen dan hasil survey, akan diserahkan kepada bupati Agam, untuk dibuat kebijakan. “ Bedasarkan pemetaan tersebut bupati bisa mengeluarkan keputusan pulau Ujung dan Pulau Tangah dijadikan pendaratan penyu, “ ungkapnya.

Menurutnya, konservasi penyu sangat diperlukan karena merupakan salah satu penjaga ekosisten laut. Pemetaan itu juga membantu dimana lokasi hidupnya penyu, bakal berpengaruh terhadap tingginya potensi ikan.

Baca Juga : Delapan Personel Polda Sumbar Diberhentikan, Kapolda: Polisi Itu harus Humanis 

“ Penyu merupakan hewan dilindungi. Oleh sebab itu diperlukan upaya untuk menye­lamat­kan­nya.  Ka­mi sangat berkomitmen mengajak masyarakat ikut menjaga penyu dengan beragam cara. Salah melakukan pemetaan pendaratan penyu maupun melakukan sosialisasi kepada masyarakat,” jelas Ermanto. (h/yat)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]