100 Calon Santri Terpaksa Ditolak


Selasa, 11 Agustus 2015 - 19:03:48 WIB
100 Calon Santri Terpaksa  Ditolak

“Di satu sisi terjadinya lonjakan ini merupakan hal yang menggembirakan. Ke­percayaan masyarakat ter­hadap Nurul Yaqin semakin besar menyerahkan pen­didikan dan masa depan anak-anaknya. Namun, disi­si lain menuntut adanya penambahan sarana pra­sarana pendukung, terutama asrama dan ruang belajar. Untuk menampung santri baru putra tahun ini diba­ngun asrama semi permanen 16 x 40 meter. Asrama ini ditempati santri baru pu­tra,” kata Idarussalam yang juga Kepala BKD Ka­bu­paten Padang Pariaman ini.

Baca Juga : Selama Bertugas Jadi Gubernur Sumbar, Mahyeldi Tak Ingin ASN Pemprov Terlibat Kasus Hukum

Idarussalam berharap adanya pembangunan ruang belajar,  asrama dan sarana ibadah (musalla) yang me­madai. “Bagi dermawan yang ingin menyumbangkan sebagian hartanya mem­bangun fasilitas tersebut, sangat diharapkan. Bantuan yang diberikan pasti sangat berarti dalam menyiapkan generasi masa depan bang­sa,” katanya.

Tim Penerimaan Se­lek­si Penerimaan santri Baru Nurul Yaqin Syekh Muda Muhammad Rais Tuanku La­bai Nan Basa, juga me­nye­butkan, jumlah pendaftar calon santri baru dua ge­lombang mencapai  330 orang. Sedangkan yang dite­rima hanya 235 orang.

Baca Juga : Isi Galeri di Pekanbaru, Disperindag dan UKM Pariaman Siapkan 100 Kodi Mukena Tiap Bulan

Dikatakan, bagi mereka yang tidak bisa lagi ter­tampung di Nurul Yaqin Ringan-Ringan disarankan/direkomendasikan kepada ca­bang-cabang Pondok Pe­san­tren Nurul Yaqin yang dikelola oleh alumni Pe­santren Nurul Yaqin sen­diri di Kabupaten Padang Pa­riaman. Yakni di Pesantren Bustanul Yaqin di Pung­guang kasiak, Kecamatan Lubuak Aluang, Pesantrenn Nurul Yaqin Sungai Abang, Kecamatan Lubuak Aluang, Pesantren Aswaja Limpato Kecamatan VII Koto, Pe­santren Nurul Yaqin Surau Batu Gadur, Kecamatan VI Lingkung dan Nurul Yaqin Ambuang Kapur.

“Memang tidak semua yang direkomendasikan ter­sebut bersedia masuk pesan­tren di cabang Nurul Yaqin itu. “Kita memang ingin semuanya dapat nyantri di Nurul Yaqin Ringan-Ri­ngan ini. Tapi kapasitas as­rama dan ruang belajar yang tidak memungkinkan un­tuk menerimanya,” ka­ta­nya

Baca Juga : Pemda Padang Pariaman Siapkan DAU 8% untuk Tangani Covid-19

Dikatakan, pada pen­daftaran gelombang per­tama dibuka mendaftar 119 orang dan diterima 94 orang. Mes­ki jadwalnya  dipersing­kat beberapa hari, tapi tetap saja banyak yang mendaftar.  Pa­da gelombang kedua, men­daf­tar 210 orang, hanya dite­rima 135 orang, ditam­bah 4 orang cadangan. (h/bus)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]